Anggota DPRD Lambar Tantang Dinas PUPR Buka Data dan Desain Perencanaan Rabat Beton DAK Rp19 Miliar

Anggota DPRD Lambar Tantang Dinas PUPR Buka Data dan Desain Perencanaan Rabat Beton DAK Rp19 Miliar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Menyikapi sanggahan demi sanggahan yang disampaikan Dinas PUPR Lampung Barat terhadap temuan-temuan dan kritikan dalam pelaksanaan proyek pembangunan rabat beton pada kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan jalan Pagar Dewa - Lumbok yang dilaksanakan oleh PT Bumi Lampung Persada (BLP) selaku pemenang tender dengan nilai kontrak sebesar Rp 19 miliar lebih bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Anggota DPRD Lambar sekaligus Ketua Fraksi PKS Bersatu, Nopiyadi, S.I.P., meminta Dinas PUPR melalui Bidang Bina Marga agar dapat membuka data dan desain perencanaan hingga RAB pada pelaksanaan proyek tersebut.

Ia menilai sanggahan demi sanggahan yang dikemukakan secara teknik oleh Dinas PUPR saja tidak cukup tanpa adanya pembuktian data mulai dari desain perencanaan yang menjadi acuan kerja maupun RAB.

“Jadi kalau temuan-temuan itu dianggap sudah sesuai spek, kami menantang dinas PUPR untuk membuka ke publik. Mana gambar desain perencanaan maupun RAB-nya, kalau katanya sudah sesuai, kita sama -sama turun sesuaikan dengan dilapangan,” ungkap Nopiyadi saat dimintai tanggapan melalui telepon selulernya, Sabtu (7 Oktober 2023).

BACA JUGA:Simpan Ganja, Seorang Pemuda Diciduk Sat-Resnarkoba Polres Lambar

Baginya tidak ada yang salah jika Dinas PUPR dapat mempublikasikan desain perencanaan dan RAB proyek infrastruktur tersebut, karena itu merupakan acuan kerja pihak kontraktor dan dapat ditunjukkan juga sebagai bentuk transparansi pemerintah terhadap pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan.

“Jadi sah-sah saja, karena itu bukan dokumen rahasia dan masyarakat berhak tahu. Jadi kalau Dinas PUPR bisa menunjukan data itu berarti betul, kalau tidak bisa ya patut dipertanyakan,” timpalnya.

Selain itu, Nopiyadi juga menyebut meski bidang pembangunan bukan merupakan bagian dari Komisi III yang ia naungi saat ini. 

Namun apa yang disampaikannya ini adalah bentuk kepedulian terhadap kualitas pembangunan infrastruktur di wilayah konstituennya. 

BACA JUGA:Cari Pinjaman Online Tanpa Bunga yang Resmi OJK? Kredivo Jadi Pilihan

“Saya menyadari memang bukan orang teknik, tapi paling tidak sedikit tahu lah soal pembangunan, Itu kenapa kami juga minta bukan hanya Dinas PUPR, namun pihak -pihak lain yang merasa peduli dengan kualitas jalan yang dibangun ini, ayo kita uji bareng-bareng,” tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: