Layak Miliki Puskesmas Induk, Satu Pustu di Daerah Terpencil Membawahi Empat Pekon

Layak Miliki Puskesmas Induk, Satu Pustu di Daerah Terpencil Membawahi Empat Pekon

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Empat Pekon di daerah terpencil yang ada di Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yakni Pekon Bandar Dalam, Siring Gading, Way Tiyas dan Pekon Way Haru, hingga kini dalam mendapat pelayanan kesehatan masih mengandalkan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang menginduk di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bengkunat Belimbing (Bangkunat).

Kepala UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing, Septono, S.Km, M.M., mengatakan bahwa, sampai saat ini memang untuk di daerah terpencil yang ada di Kecamatan Bangkunat itu belum ada Puskesmas Induk, dan masih mengandalkan Pustu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. 

BACA JUGA:BKPSDM Pesisir Barat Telah Terima Jadwal Latsar CPNS

Untuk Pustu sendiri memang bisa membawahi empat sampai enam Pekon. Sedangkan, Pustu yang ada di daerah terpencil di Kecamatan Bangkunat ini ada satu Pustu yakni di Pekon Bandar Dalam yang membawahi empat Pekon.

“Sedangkan untuk petugas yang ada di Pustu Pekon Bandar Dalam itu kita tempatkan ada lima orang petugas terdiri dari tiga perawat dan dua orang bidan,” katanya.

BACA JUGA:Banyak Proyek APBD Gunakan Material Ilegal, Erwansyah: Kita Melihatnya Ini Sebuah Kearifan Lokal

Selain itu, lanjutnya, di empat Pekon tersebut juga memiliki empat orang bidan Pekon, artinya setiap Pekon memiliki satu bidan. 

Sehingga total petugas kesehatan di daerah terpencil itu ada sembilan orang. Tentu dalam melaksanakan tugasnya dalam memberikan pelayanan kesehatan baik di Pekon maupun di Pustu tersebut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

BACA JUGA:Tim Damkar Pesisir Tengah Respon Cepat Kebakaran Lahan

“Puskesmas induk dalam hal ini Puskesmas Bengkunat Belimbing (Bangkunat), juga tetap rutin melakukan pemantauan dan juga memberikan pelayanan kesehatan di daerah terpencil tersebut yang memang jumlah penduduknya juga cukup banyak,” jelasnya.

Septono mengatakan, untuk di daerah terpencil dengan kondisi akses jalan yang masih sulit dan jauh itu memang idealnya sudah memiliki Puskesmas induk sendiri, artinya tidak lagi menginduk dengan Puskesmas Bengkunat Belimbing (Bangkunat). 

BACA JUGA:Pemerintah Pekon Puramekar Kembali Salurkan Bansos Beras CPP

Karena memang di daerah itu juga sudah layak untuk dibentuk dan dibangun UPTD Puskesmas induk. 

Bahkan, sejak tahun 2021 lalu sudah masuk dalam perencanaan Pemerintah daerah untuk dibangun satu unit Puskesmas induk di daerah terpencil tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: