Tim Damkar Pesisir Tengah Respon Cepat Kebakaran Lahan

Tim Damkar Pesisir Tengah Respon Cepat Kebakaran Lahan

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar), dari Posko Kecamatan Pesisir Tengah pada Satpol PP-Damkar Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), merespon cepat laporan masyarakat terkait kebakaran lahan di Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Minggu 1 Oktober 2023.

Kasatpol PP-Damkar, Cahyadi Muis mengatakan tim Damkar Posko Pesisir Tengah menerima laporan ada semak belukar yang terbakar di Pekon Rawas, menerima laporan itu satu unit Kendaraan Damkar dikerahkan.

BACA JUGA:Pemerintah Pekon Puramekar Kembali Salurkan Bansos Beras CPP

“Menerima laporan itu petugas Damkar langsung turun kelapangan dengan membawa satu unit Armada Damkar untuk melakukan pemadaman api yang membakar semak belukar,” kata dia.

Dijelaskannya, kebakaran lahan tersebut terjadi akibat salah satu warga membakar tunggul kayu, karena angin kencang kobaran api semakin besar dan dengan cepat merembet ke bagian lahan lainnya.

BACA JUGA:Alasan Komisi II Desak Bongkar Lagi Proyek Paving Block GSG Bung Karno Makin Jelas

“Petugas Damkar yang menerima laporan tersebut langsung terjun ke lokasi untuk membantu pemadaman, beruntung saat petugas sampai di lokasi api tidak lagi membesar, namun potensi menyebar masih ada,” jelasnya.

Dikatakannya, petugas langsung melakukan penyiraman menggunakan kendaraan Damkar di seluruh bagian lahan yang terbakar, terutama pada titik yang masih berpotensi menyebar.

BACA JUGA:Lahir Pada HUT Kabupaten Lampung Barat ke 32, Enam Bayi Dapat Penghargaan

“Petugas langsung melakukan penyiraman pada seluruh bagian lahan yang terbakar, untuk mencegah agar api tidak lagi menyebar, apalagi letak lahan tersebut tidak jauh dari rumah warga,” terangnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati saat melakukan pembakaran, apalagi pada wilayah yang banyak semak belukar yang mudah terbakar.

BACA JUGA:Kamis 5 Oktober 2023, Puncak Festival Literasi di Lampung Barat akan Digelar

“Imbauan sudah sering kita sampaikan agar tidak terjadi kebakaran, jika terjadi kebakaran segera hubungi petugas Damkar atau melalui Call Center 112 milik Pemkab Pesbar,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: