Kamis 5 Oktober 2023, Puncak Festival Literasi di Lampung Barat akan Digelar

Kamis 5 Oktober 2023, Puncak Festival Literasi di Lampung Barat akan Digelar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari puncak Festival Literasi tahun 2023 akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023  di UPT Taman Budaya Lamban Pancasila, Kelurahan Way Mengaku. 

Demikian diungkapkan Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Minggu 1 Oktober 2023.

Menurut Partinia, kegiatan ini juga bertujuan sebagai bentuk partisipasi Tim GLD dalam ikut serta mengkampanyekan bahaya stunting dan penyampaian pemahaman bahwa literasi memiliki peran dalam pencegahan stunting.

Dijelaskannya, adapun rangkaian kegiatan festival literasi adalah pemilihan duta literasi, lomba desain logo GLD, lomba pidato kader PKK, lomba majalah dinding tingkat SLTP sederajat, lomba bercerita tingkat SD sederajat, lomba mewarnai TK/PAUD yang diikuti oleh TK/PAUD se Kecamatan Balik Bukit. 

BACA JUGA:Naik Lagi! Segini Besaran Harga BBM Non Subsidi di Pesisir Barat

"Pada acara puncak juga akan diberikan penghargaan dan apresiasi literasi kepada tokoh yang aktif dalam mendukung kegiatan literasi di Kabupaten Lampung Barat," tegas Partinia.

Sementara Ketua Pelaksana Festival Literasi Drs. Junaidi Jamsari, M.M., menjelaskan berdasarkan hasil seleksi peserta masing-masing tangkai kegiatan yang dilakukan oleh penanggungjawab kegiatan untuk pemilihan duta literasi sebelum ditetapkan peserta akan melakukan karantina pada tanggal 3-5 Oktober 2023. 

"Pada masa karantina peserta akan mendapatkan pembekalan berupa materi Literasi, Public Speaking dan kepribadian," ungkap Junaidi. 

Lanjut dia, melalui karantina, dewan juri akan menilai untuk menentukan siapa yang berhak meraih gelar Terbaik 1 Duta Literasi Kabupaten Lampung Barat tahun 2023, Terbaik 2 Duta Literasi Kabupaten Lampung Barat tahun 2023, dan terbaik 3 Duta Literasi Kabupaten Lampung Barat tahun 2023.

BACA JUGA:Kode Redeem FF 1 Oktober 2023, Klaim 5x Special Diamond Voucher Free Fire

Kemudian, Duta Literasi Berbakat dan Duta Literasi Favorit.

"Tujuan diadakannya pemilihan duta literasi adalah sebagai bentuk upaya Tim GLD Lampung Barat mencari tim edukator literasi dan pengembangan diri dengan sasaran usia remaja yang nantinya duta literasi ini memiliki tugas untuk memberikan informasi literasi dalam kemasan yang menarik kepada masyarakat Lampung Barat," tegas dia.

Sedangkan lomba desain logo diikuti oleh 28 orang peserta dari Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, bahkan ada satu peserta asal Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lalu, peserta pidato kader PKK dari 15 Kecamatan (utusan 1 orang untuk 1 kecamatan), dengan tema "Sadar Bahaya Stunting, Tingkatkan Literasi", sedangkan untuk lomba majalah dinding diikuti oleh 25 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: