Hujan Disertai Angin Kencang, Satu Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Sukapura

Hujan Disertai Angin Kencang, Satu Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Sukapura

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan lokal disertai angin kencang yang terjadi di Pekon Sukapura, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Pukul 15.30 WIB, Kamis 21 September 2023 menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah milik Enceng warga Pemangku 4. 

Musibah datang tidak diduga-duga memang tidak dapat dihindarkan, bagaimana tidak hanya berlangsung sekitar Lima menit terjadi hujan dan angin kencang menjadi malapetaka bagi keluarga Enceng yang harus merelakan rumah depok kayu ambruk akibat ditimpa batang pohon yang tumbang. 

Dan atas kondisi itu Peratin Sukapura Setiawati, selain menyampaikan laporan kepada Camat Agus Hadi Purnama, S.IP, juga langsung mengerahkan aparat dan warga bergotong royong diantaranya memotong dan mengangkat material pohon  tumbang.

"Kita juga akan melaksanakan perbaikan rumah milik Encang dengan swadaya gotong royong dan bantuan material dari pekon," sebutnya.

BACA JUGA:Korsleting Listrik Nyaris Picu Kebakaran di Kembahang

Terpisah Camat Sumberjaya Agus Hadi Purnama, S.IP., menyampaikan telah mengetahui musibah tersebut melalui informasi langsung dari peratin. 

Pihaknya berpesan agar masyarakat selalu mawas diri, dalam kondisi cuaca saat ini, yang bukan saja bakal menimbulkan musibah, tetapi juga mempengaruhi kesehatan.

"Secara pribadi Agus mengucapkan turut berduka atas musibah yang menimpa Enceng dan keluarga, mudah mudahan tabah dan sabar menghadapi cobaan," tegasnya.

Dan sebagai camat Agus menghimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan keadaan rumah dan sekelilingnya, jika ada pohon yang rawan tumbang dan potensi menimpa rumah agar dilakukan pemangkasan atau penebangan, selanjutnya agar tidak menanam pohon keras terlalu dekat dengan rumah.

BACA JUGA:Dibiarkan Terbengkalai, Villa Milik Pemkab Lampung Barat Seperti 'Rumah Hantu'

Atas cuaca yang tidak lazim dampak El Nino, maka dihimbau juga kepada masyarakat agar waspada terhadap bahaya kebakaran diantaranya konsleting listrik, lilin dan puntung rokok serta tidak memicu potensi kebakaran dengan sengaja melakukan pembakaran sampah atau membuka lahan perkebunan dengan pembakaran.

Selain itu agar aktif ronda malam sebagai bentuk kesiagaan mengantisipasi bencana serta tindakan pengamanan dan upaya tindakan cepat ketika terjadi bencana alam ataupun kriminal.

Selanjutnya ucapan terima kasih atas tindakan cepat dari Peratin Sukapura Setiawati dan warganya atas penanganan melalui gotong royong dan rencana bantuan berupa material untuk perbaikan rumah tersebut. 

Diinformasikan juga bahwa fenomena hujan dan angin kencang yg terjadi dirasakan tidak lazim karena sifatnya lokal dan hanya terjadi di sebagian wilayah di pekon Sukapura, sementara di sebagian wilayah Sukapura lainnya serta pekon terdekat wilayah Sumber Jaya cuaca pada saat itu sangat panas dan tidak ada tanda tanda akan turun hujan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: