K3S SD Sumber Jaya Gelar Rakor Persiapan Festival Tunas Bahasa Ibu

K3S SD Sumber Jaya Gelar Rakor Persiapan Festival Tunas Bahasa Ibu

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Setelah beberapa waktu lalu, melaksanakan seleksi, lomba pidato, mendongeng (wakhahan), Cipta baca puisi dan membaca aksara dalam rangka revitalisasi bahasa daerah Lampung sekaligus persiapan Festival Tunas Bahasa Ibu (Bahasa Lampung) dalam rangka rangkaian HUT Kabupaten Lambar 24 September 2023.

Kerja Kelompok Kepala Sekolah (K3S) SD, Kecamatan Sumber Jaya, melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) persiapan di SDN 1 Sindang Pagar pada Kamis (21 September 2023).

Ketua K3S SD Legiono, S.Pd., mengatakan meski belum turun informasi kapan pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu (Bahasa Lampung) dalam rangka rangkaian HUT Kabupaten. 

Namun K3S mulai melakukan persiapan karena dipastikan rangkaian itu tidak lama lagi mengingat peringatan HUT Lampung Barat tinggal beberapa hari lagi.

BACA JUGA:Pembangunan Gedung PLUT dengan Puluhan Fasilitas Dikebut

Dijelaskan dari tahapan seleksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, maka dari Kecamatan Sumber Jaya akan mengirimkan delapan siswa yang dihimpun dari sekolah-sekolah untuk ikut berkompetisi. 

Dan perihal penerapan pelajaran bahasa daerah, memang untuk Lampung Barat diprioritaskan mengangkat bahasa Lampung, tapi karena di kecamatan itu khususnya mayoritas masyarakat bersuku Sunda, Semende dan Jawa, tentunya usulan penerapan mata pelajaran bahasa daerah akan diajukan sesuai dengan kondisi yang ada.

Apalagi untuk guru bahasa Lampung di semua SD di Kecamatan Sumber Jaya belum ada, bahkan guru yang bisa berbahasa lampung juga sedikit maka untuk mata pelajaran bahasa lampung perlu proses. 

BACA JUGA:Wakil Ketua DPRD Lampung Barat Nyaris Adu Jotos dengan Anggotanya

Legiono juga menjelaskan jika tujuan dari revitalisasi bahasa lampung tersebut sebagai upaya dalam melestarikan bahasa daerah yang menjadi program Balai Bahasa Provinsi Lampung.

Dengan penerapan di sekolah sesuai dengan peraturan daerah (perda) dalam belajar dan berkomunikasi dengan bahasa lampung, yang juga masuk dalam mata pelajaran (mapel) SD setiap hari Jum'at.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: