Pemprov Lampung akan Gelar Festival Rempah, Ini Rangkaian Kegiatannya

Pemprov Lampung akan Gelar Festival Rempah, Ini Rangkaian Kegiatannya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Akhir bulan September mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung akan menggelar festival rempah dan Lada Lampung Tahun 2023.

Festival Itu akan selenggarakan di Halaman Transmart, Way Halim, Bandar Lampung sejak 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Hal tersebut dilakukan guna mempromosikan produk industri khususnya produk lada dan rempah-rempah kepada masyarakat luas.

"Festival bertujuan menumbuhkan inovasi dan kreativitas pelaku usaha industri di Lampung, juga meningkatkan daya saing produk lokal, serta meningkatkan permintaan domestik terhadap rempah, khususnya lada hitam," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, Rabu 20 September 2023.

BACA JUGA:Cegah Karhutla, Gubernur Arinal Optimalkan Koordinasi dan Sinergitas

"Festival ini sebagai bentuk implementasi janji kerja yang diusung Gubernur Lampung, Pak Arinal Djunaidi yaitu dengan meningkatkan produksi, produktivitas, serta nilai tambah lada, dan memfasilitasi akses pasar sebagai salah satu komoditas unggulan," tambahnya.

Ia menjelaskan akan ada banyak rangkaian acara selama festival kolaborasi Disperindag, Kampus, Perhotelan serta Pariwisata Nusadaya.

Kemudian ada pra-event dan ada main-event selama tiga hari berturut-turut. 

Baik petani rempah, pelajar, mahasiswa, pengusaha kuliner, komunitas, dan masyarakat umum bisa ikut serta memeriahkan acara.

BACA JUGA:DWP Kabupaten Lampung Barat Komit Dukung Pemerintah Tekan Angka Stunting

Untuk pra event ada lomba video pendek, lomba menulis essay, lomba fotografi, lomba desain batik motif lada, dan lomba desain kemasan produk lada.

Kemudian main-event, festival Rempah akan menyuguhkan talkshow, temu bisnis, live cooking, pameran produk, bazar kuliner, lomba tata hidang olahan lada, pentas seni, panggung hiburan, stand up comedy, games interaktif, lomba inovasi produk lada, dan lomba mewarnai.

"Lebih detailnya, bisa buka akun instragam @perindaglampung. Sudah ada beberapa unggahan terkait festival rempah ini," terangnya.

Elvira juga meyakini festival ini akan memberikan manfaat nyata bagi berbagai pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: