Mata Ikan Mengganggu Aktivitasmu? Begini Cara Mengobatinya

Mata Ikan Mengganggu Aktivitasmu? Begini Cara Mengobatinya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mata ikan, juga dikenal sebagai kutil plantar, adalah kondisi kulit yang cukup umum dan seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Kondisi ini ditandai dengan penebalan kulit yang keras dan berwarna putih atau kuning, biasanya terjadi di telapak kaki, meskipun bisa juga muncul di jari kaki, lutut, atau siku. 

Meskipun penyebab pasti dari mata ikan belum sepenuhnya dipahami, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kondisi ini.

Penyebab Mata Ikan

BACA JUGA:10 Tips Menghilangkan Kapalan, Langkah Mudah untuk Kulit Halus dan Sehat

Meskipun belum ada penyebab pasti yang diketahui, berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena mata ikan:

1. Tekanan Berulang pada Kulit: Aktivitas yang mengekspos kaki atau area lainnya pada tekanan berulang, seperti berjalan atau berlari, dapat memicu perkembangan mata ikan.

2. Kulit Kering: Kulit yang kering dan kurang terhidrasi cenderung lebih rentan terhadap pembentukan mata ikan.

3. Gesekan Kulit dengan Benda Keras: Gesekan berulang dengan benda keras, seperti alas kaki yang tidak pas atau sepatu yang kurang nyaman, dapat menjadi pemicu munculnya mata ikan.

BACA JUGA:6 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

4. Riwayat Keluarga: Ada indikasi bahwa faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam resiko seseorang terkena mata ikan jika ada riwayat keluarga yang menderita kondisi serupa.

Gejala Mata Ikan

Gejala mata ikan yang paling umum meliputi:

1. Penebalan Kulit yang Keras: Area yang terkena mata ikan akan mengalami penebalan kulit yang keras, biasanya berwarna putih atau kuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: