Peratin Karyanto Bimbing Warga Pekon Purawiwitan Bentuk Kampung Sayuran

Peratin Karyanto Bimbing Warga Pekon Purawiwitan Bentuk Kampung Sayuran

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Peratin Purawiwitan, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat Karyanto, S.E., menyambangi warga yang tengah melakukan panen pertanian hortikultura.

Kedatangan sang peratin merupakan bagian dan motivasi pemerintah pekon dalam mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan potensi seperti lahan mulai dari pekarangan, hingga tanah yang tidak digarap sebelumnya untuk dimanfaatkan dalam rangka upaya ketahanan pangan. Dan terciptanya Kampung Sayuran

BACA JUGA:Lepas Kendali, Sedan Tabrak Median Jalan di Taman Kota Liwa

Seperti diketahui masalah pangan merupakan satu kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi setiap waktu. Dan itu memiliki peran yang vital dalam kehidupan suatu bangsa.

Bahkan untuk ketersediaan pangan masyarakat pemerintah menjadikan ketahanan pangan dalam Agenda Pembangunan Nasional 2022 - 2024.  

BACA JUGA:Polisi Masih Tunggu Hasil Visum Jenazah Perempuan Tanpa Identitas di Negeri Ratu

Diantaranya dengan memprioritaskan program peningkatan ketersediaan, akses, serta kualitas konsumsi pangan.

Melalui kebijakan fiskal yang diambil Pemerintah dari APBN 2022 bertemakan Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural, serta memasukkan ketahanan pangan sebagai agenda prioritas pembangunan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Pembukaan Turnamen Sepak Bola Peratin Cup Season 10 Pekon Purajaya Meriah

Dimana pada pelaksanaan kebijakan Pemerintah yaitu Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022 disebutkan bahwa Dana Desa (DD) ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan nabati dan hewani sebesar dua puluh persen (20%) yang dimanfaatkan pengembangan potensi desa dan kawasan lewat berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan pekon atau lahan warga.

Pada kesempatan itu Karyanto mendorong warganya untuk memanfaatkan lahan pekarangan tanah kosong sebagai tempat  menanam sayuran.

BACA JUGA:Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS-PPPK Tahun 2023 Berubah, Berikut Jadwal Terbaru

Menurut pihaknya aktivitas itu perlu digencarkan di tengah harga bahan pokok yang kian melambung dan daya beli yang terus menurun.

"Dengan memanfaatkan lahan untuk kebutuhan pokok setidaknya mengurangi ketergantungan beli. Bahkan membawa kita untuk mandiri dalam mengurangi beban pengeluaran harian," ucap pertin muda tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: