Bersilaturahmi di Tanggamus, Gubernur Arinal Ajak Bersinergi Atasi Dampak El Nino

Bersilaturahmi di Tanggamus, Gubernur Arinal Ajak Bersinergi Atasi Dampak El Nino

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersilaturahmi dengan masyarakat dan jajaran Forkopimda, pejabat struktural/ fungsional, kepala pekon, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Tanggamus, di Aula Gedung Pertamina Geothermal Energy (PGE), Tanggamus, Rabu 13 September 2023.

Pada kesempatan itu, selain mengajak seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus bersinergi menyusun perencanaan pembangunan, Gubernur Arinal juga mengajak bersinergi mengantisipasi dampak el Nino.

BACA JUGA:Berikut Kisaran Gaji Penjaga Tahanan Kejaksaan Untuk CPNS Tahun 2023

Gubernur Arinal mengatakan bahwa Kabupaten Tanggamus mempunyai potensi yang besar dari sektor tanaman pangan dan hortikultura, perikanan, peternakan dan pariwisata. 

Menurutnya, segenap potensi yang terdapat di Kabupaten Tanggamus agar berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi melalui adanya program hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah kesejahteraan petani.

BACA JUGA:Cek Disini! Instansi yang Buka Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan D3

Gubernur menyinggung cuaca buruk yang diakibatkan oleh dampak el-nino yang mendorong Pemerintah bekerja ekstra untuk memberikan segenap upaya guna membantu keberlangsungan kehidupan masyarakat, khususnya petani.

Arinal menjelaskan, bahwa dalam rangka mengantisipasi el-Nino, perlu diambil langkah-langkah melakukan percepatan tanam, melaksanakan Gernas Padi, kemudian memastikan kesiapan Saprodi, Alsintan, Sarana Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)/penanganan Dampak Perubahan Iklim (DPI) dan penanganan panen serta pasar.

BACA JUGA:Lindungi UMKM, Pemerintah Larang Platform Medsos TikTok Berbisnis e-Commerce

Gubernur Arinal menginstruksikan upaya pengoptimalan lahan tadah hujan untuk percepatan pertanaman padi pada daerah yang curah hujannya masih cukup tinggi, serta pemanfaatan benih genjah yang toleran terhadap kekeringan dan tahan terhadap hama dan penyakit tanaman. 

Gubernur juga menjelaskan agar dapat dilakukan optimalisasi pemanfaatan sumur pompa, sumur suntik, biopori, embung, dalam mendukung ketersediaan air serta meningkatkan jumlah kepesertaan petani yang ikut Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). 

BACA JUGA:Wajib Tahu! 8 Kesalahan Saat Seleksi Administrasi CPNS 2023 yang Harus Dihindari

Dan yang terakhir adalah upaya untuk meningkatkan koordinasi intensif dengan beberapa kecamatan yang terkait dengan pengairan untuk perbaikan drainase, optimalisasi infrastruktur dan penyiapan pompa air. 

Dalam kesempatan ini, Arinal juga berpesan kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Camat, serta Kepala Pekon di Kabupaten Tanggamus untuk saling bahu membahu menghadapi el nino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: