Akhir Bulan Ini, Kementerian Kominfo dan PT Telkomsel Survey Lokasi Pembangunan 8 BTS di Lampung Barat

Akhir Bulan Ini, Kementerian Kominfo dan PT Telkomsel Survey Lokasi Pembangunan 8 BTS di Lampung Barat

Ilustrasi tower BTS-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan melakukan survey terhadap lokasi pembangunan  Base Transceiver Station (BTS) di delapan Pekon, yang telah menjadi prioritas untuk dibangun tahun 2023 ini di Kabupaten Lampung Barat.

Kabid Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo Lampung Barat Iskandar, SIP, M.TI., mengungkapkan, berdasarkan surat yang diterima pihaknya,  tim dari Kementerian Kominfo dan PT. Telkomsel akan  melakukan survey di Lampung   Barat pada 27 September mendatang.

BACA JUGA:48 Pekon di Lampung Barat Belum Ajukan Pencairan ADP Triwulan III

”Ada delapan  titik rencana pembangunan BTS di Lampung Barat. Namun dalam survey ini tim akan menentukan titik lokasi yang di survey  secara random, sehingga tidak semua delapan titik yang  menjadi prioritas tersebut dilakukan survey,” ungkap Dadan---sapaan Iskandar mendampingi Kepala Diskominfo Lampung Barat Munandar, S.Sos., Senin (11 September 2023).

Dikatakannya, jika pembangunan BTS terealisasi maka, akan menuntaskan persoalan 'blank spot' yang masih terjadi di sejumlah wilayah di bumi beguai jejama sai betik tersebut. Delapan BTS yang rencananya dibangun oleh Kementerian Kominfo tersebut masuk dalam program non 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

BACA JUGA:Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Padamkan Semak Belukar yang Terbakar

Program Non 3T merupakan program pemerataan jaringan telekomunikasi ke seluruh pelosok negeri di luar wilayah 3T. Secara spesifik lokasi Non 3T tidak berada di daerah yang terisolir (jarak non 3T dengan BTS existing terdekat rata-rata sekitar 5-10 km).

Dijelaskan, delapan Pekon yang akan menjadi prioritas pembangunan BTS oleh Kementerian Kominfo yakni Pekon  Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Pekon Tebaliokh Kecamatan Batu Brak, Pekon Batu Api, Pahayu Jaya, Sidodadi dan Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa, kemudian Pekon Sukajadi dan Suka Damai Kecamatan Air Hitam.

BACA JUGA:Produksi Terbatas, Vespa ET 4 Siap Menghipnotis Semua Kalangan

"Masuknya delapan Pekon yang menjadi prioritas untuk dibangun BTS tersebut berdasarkan usulan yang kami sampaikan ke Kementerian Kominfo, dan Alhamdulillah usulan tersebut sudah memiliki titik terang dan jika tidak ada kendala akan terealisasi tahun ini," kata dia.

"Meskipun dengan kondisi geografis Lampung Barat berupa pegunungan masih akan tetap ada wilayah yang blank spot, namun Insha Allah dengan dibangunnya delapan BTS tersebut, wilayah permukiman tidak ada lagi yang sulit mendapatkan sinyal internet," imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: