Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Padamkan Semak Belukar yang Terbakar

Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Padamkan Semak Belukar yang Terbakar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Petugas Pemadam Kebakaran  (Damkar) pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP-Damkar), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), bergerak cepat melakukan pemadaman api yang membakar semak belukar di TPI Kuala Stabas  Kecamatan Pesisir Tengah pada Senin 11 September 2023.

Kasatpol PP-Damkar Cahyadi Muis., mengatakan pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait adanya semak belukar yang terbakar di TPI Kuala Stabas, sehingga petugas Damkar langsung meluncur menuju lokasi.

BACA JUGA:Produksi Terbatas, Vespa ET 4 Siap Menghipnotis Semua Kalangan

“Ada laporan dari warga terkait semak belukar yang terbakar, kita tidak tahu penyebabnya apa, tapi sekarang sudah berhasil dipadamkan oleh petugas yang langsung terjun ke lokasi dengan mengerahkan satu unit kendaraan Damkar,” kata dia.

Dijelaskannya, musibah kebakaran, terutama kebakaran lahan memang rentan terjadi saat musim kemarau seperti sekarang ini, karena kondisi lingkungan yang kering akibat tidak adanya hujan yang turun.

BACA JUGA:Pengurus Saka Wana Bakti BB TNBBS Angkatan 14 Dilantik

“Kebakaran lahan sekarang ini sangat rentan terjadi, karena tumbuhan banyak yang kering akibat tidak adanya siraman dari air hujan, jadi jika ingin melakukan pembakaran lahan harus ekstra hati-hati,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena dampaknya akan sangat fatal jika sampai terjadi kebakaran, apalagi jika tidak bisa dijangkau oleh kendaraan Damkar.

BACA JUGA:Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen PDF untuk Daftar CPNS 2023

“Kita terus menekankan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, selain itu jika ingin membakar sampah agar benar-benar diperhatikan lokasinya jangan sampai dapat menimbulkan kebakaran,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya juga memastikan kendaraan Damkar siaga jika terjadi kebakaran di wilayah kabupaten setempat, baik di pemukiman  maupun di lahan yang saat ini memang rawan terjadi kebakaran.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2023 Bunga Rendah Tanpa Jaminan, Berikut Ketentuannya

“Ada dua unit kendaraan Damkar dan petugas Damkar yang kota pastikan siaga jika terjadi kebakaran, untuk kebakaran lahan kendaraan Damkar hanya untuk daerah yang memang terjangkau,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: