Asrama Inggrisan Wilayah Banyuwangi akan Disulap Jadi Wisata Cagar Budaya

Asrama Inggrisan Wilayah Banyuwangi akan Disulap Jadi Wisata Cagar Budaya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kawasan bersejarah Indonesia dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1776, Asrama Inggrisan Banyuwangi, akan segera mengalami transformasi besar-besaran menjadi destinasi wisata berbasis cagar budaya.

Keputusan tersebut setelah kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman ke Asrama Inggrisan pada beberapa waktu lalu,

Yang memberikan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, lampu hijau dalam

proses atau cara untuk perbuatan menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang terpedaya. Pada kawasan tersebut.

BACA JUGA:Ke Lampung Barat, Herman HN Pantau Langsung Orientasi Bacaleg NasDem

Berdasarkan informasi, gedung yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda tersebut, diambil alih oleh British East India Company (BEIC) atau Kantor Dagang Inggris pada abad ke-18 hingga dijadikan sebagai tempat kabel jaringan telegram bawah laut yang menghubungkan Eropa hingga Australia.

Dr. Thor Kerr dari Curtin University Perth Australia dan Irfan Wahyudi, PhD dari Universitas Airlangga telah melakukan riset tentang keterkaitan Banyuwangi dan Australia masa tersebut, dan salah satu jantung aktivitasnya adalah di Asrama Inggrisan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Ipuk bersama jajarannya bergegas untuk melakukan silaturahmi dengan Jenderal Dudung di Jakarta, pada Senin 4 September 2023.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas lebih mendetail terkait masalah secara administrasi bersangkut paut berkaitan dengan administrasi, pemanfaatan kawasan dan berbagai pengalihan atas sejumlah aktivitas yang ada.

BACA JUGA:Dikenal Millenial dan Energik, Warga Lampura Dukung Farah Nuriza Amelia Duduki DPD RI Provinsi Lampung

“Sama-sama aset negara, jadi tidak perlu bertele-tele. Terlebih ini untuk kepentingan Rakyat Indonesia,” tegasnya

Sejak itu, tak harus berlama-lama, Dudung segera memerintahkan beberapa stafnya untuk menuntaskan berbagai kebutuhan administratif tersebut.

Sementara itu, di hari yang sama itu. Bupati Ipuk pun bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dari pertemuan tersebut pihaknya memberikan kabar gembira.

Dari hasil pertemuan tersebut Kementerian PUPR akan siap untuk mensupport pembangunan asrama Inggrisan yang dimaksud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: