DKPP Pesisir Barat Imbau Petani Maksimalkan Penggunaan Alkon

DKPP Pesisir Barat Imbau Petani Maksimalkan Penggunaan Alkon

Potensi kekeringan mengancam ratusan hektare lahan sawah pesisir barat--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengimbau petani di kabupaten setempat agar memaksimalkan penggunaan mesin alkon dalam memenuhi kebutuhan air areal persawahan di tengah musim kemarau yang kini masih berlangsung.

Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan agar kekeringan pada areal persawahan tidak semakin meluas, petani yang berada dekat dengan sumber air agar dapat memaksimalkan mesin pompa air atau alkon untuk mengairi areal persawahannya.

BACA JUGA:Siaga Kebakaran Lahan, Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Siapkan Dua Unit Damkar

“Petani yang berada dekat dengan sumber air dapat memompa air itu ke areal persawahan dengan menggunakan mesin pompa air, hal itu agar tidak semakin banyak areal persawahan yang mengalami kekeringan,” kata dia.

Menurutnya, penggunaan mesin alkon itu harus benar-benar dimaksimalkan, apalagi jika masih ada sumber air di sekitar areal persawahan yang masih dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air sawah petani.

BACA JUGA:Pelaku Penipuan Modus Hendak Beli Motor Ditangkap di Pesisir Barat

“Mesin pompa air itu merupakan salah satu alat mesin pertanian yang bisa dimanfaatkan saat musim kemarau seperti sekarang ini, apalagi kalau sawah berada dekat dengan aliran sungai atau sumber air lainnya,” jelasnya.

Selain itu, saat musim kemarau seperti sekarang, sudah banyak sumber air mengalami kekeringan dan debit air sungai-sungai besar sudah mulai menyusut, sehingga jaringan irigasi yang ada sudah tidak mengalir.

BACA JUGA:Tiga Pelaku Penipuan Isi Saldo Gopay Diamankan Polisi

“Kondisi ini yang sedang kita carikan solusinya, apakah akan menggunakan sumur bor atau seperti apa, tapi kalau untuk sumur bor memakan biaya cukup besar, karena tidak hanya berada di satu titik saja, serta tetap akan menggunakan listrik,” ujarnya.

Pihaknya berharap, petani dapat memaksimalkan sumber air yang ada dalam memenuhi pengairan areal persawahan, sehingga tidak banyak sawah yang mengalami kekeringan.

BACA JUGA:Polhut Tetapkan Jadwalkan Pengecekan Pembunuhan Pohon HKm Pekon Giham

“Mudah-mudahan pemanfaat mesin Alkon itu bisa dimaksimalkan oleh petani yang memiliki jangkauan sumber air yang dekat dan memadai, sehingga kebutuhan air di areal persawahan bisa terpenuhi untuk mencegah gagal panen,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: