Siaga Kebakaran Lahan, Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Siapkan Dua Unit Damkar

Siaga Kebakaran Lahan, Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Siapkan Dua Unit Damkar

Ilustrasi Pemadam Kebakaran--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hanya memiliki dua unit armada Damkar dalam upaya penanggulangan musibah Kebakaran di kabupaten setempat, termasuk untuk pemadaman jika terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kasat Pol PP-Damkar Pesbar, Cahyadi Muis., mengaku untuk mewaspadai adanya kebakaran lahan di Kabupaten Pesbar, pihaknya memastikan dua unit armada Damkar yang ada saat ini siap diterjunkan ke lokasi.

BACA JUGA:Pelaku Penipuan Modus Hendak Beli Motor Ditangkap di Pesisir Barat

“Kalau ada Kebakaran lahan di kabupaten ini, kita pastikan armada Damkar yang kita miliki siap terjun ke lokasi, tapi pada wilayah yang bisa dijangkau oleh armada Damkar,” kata dia.

Dijelaskannya, kini Pemkab Pesbar hanya memiliki dua unit Armada Damkar, karena itu penggunaan armada Damkar itu harus benar-benar maksimal jangan sampai mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Tiga Pelaku Penipuan Isi Saldo Gopay Diamankan Polisi

“Karena itu, kami hanya bisa menggunakan armada Damkar untuk pemadaman kebakaran lahan pada titik yang bisa dijangkau, sedangkan jika aksesnya sulit, kita akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” jelasnya.

Menurutnya, jika kebakaran lahan yang terjadi berada di luar jangkauan armada Damkar, maka personil BPBD yang bisa turun langsung ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman.

BACA JUGA:Polhut Tetapkan Jadwalkan Pengecekan Pembunuhan Pohon HKm Pekon Giham

“Selama musim kemarau tahun ini sudah beberapa kali terjadi kebakaran lahan, terakhir di Kecamatan Pesisir Selatan dan armada Damkar langsung dikerahkan,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, agar berhati-hati saat melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, karena saat ini kebakaran lahan lebih mudah terjadi dimusim kemarau seperti sekarang ini.

BACA JUGA:Pelaku Penipuan Modus Hendak Beli Motor Ditangkap di Pesisir Barat

“Selain itu, dalam membakar sampah juga harus berhati-hati, jangan sampai menyebabkan kebakaran lahan pada lingkungan masyarakat dan dapat berdampak buruk,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: