Tim Kemendag RI Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Pasar Tematik Wisata

Tim Kemendag RI Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Pasar Tematik Wisata

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, M.M., bersama Koordinator Tim Perencanaan, Biro Perencanaan Kementerian Perdagangan, Gomos Yohanes Nainggolan, S.P., M.M., melakukan peninjauan lahan yang akan dijadikan tempat pembangunan dan pengembangan pasar tematik wisata Lumbok Seminung yang berlokasi di Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbok Seminung, tepatnya sekitar 2,5 KM dari objek wisata Danau Ranau, Selasa (5 September 2023).

Untuk diketahui, Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) berencana akan membangun pasar wisata yang rencananya direalisasikan pada tahun 2024 mendatang. 

Pasar wisata direncanakan berdiri di atas lahan seluas 1,1 hektar. Berasal dari hibah masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Pj. Bupati Lampung Barat dalam tinjauannya yang didampingi sejumlah staf dan jajarannya itu menuturkan, rencana pembangunan pasar wisata merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk mengembangkan pariwisata guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

BACA JUGA:Pelaku Penipuan Modus Hendak Beli Motor Ditangkap di Pesisir Barat

“Dengan adanya pasar wisata  berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya,” kata dia.

Karena, menurutnya, dengan bangkitnya kembali sektor pariwisata maka dapat memicu sektor lainnya untuk berkembang sehingga roda ekonomi rakyat dapat berjalan lebih baik.

Kemudian, dengan adanya pasar wisata dapat menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka.

“Dengan adanya pasar wisata produk-produk unggulan UMKM dan IKM kerajinan khas Lampung Barat diharapkan dapat menambah daya tarik pada pasar wisata nantinya Sehingga dapat menopang perekonomian masyarakat,” sambungnya.

BACA JUGA:Tiga Pelaku Penipuan Isi Saldo Gopay Diamankan Polisi

Lebih lanjut, sektor pariwisata akan berkembang baik jika didukung infrastruktur yang memadai, untuk itu Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah melakukan perbaikan ruas jalan menuju Kecamatan Lumbok Seminung. 

“Kita juga telah melakukan perbaikan ruas jalan Pagar Dewa menuju Lumbok Seminung guna memudahkan akses wisatawan berkunjung ke objek wisata kita,” harapnya.

Selain itu, Nukman mengatakan yang diperkuat dengan Surat pernyataan Pj. Bupati Lampung Barat, Nomor : 530/586/DAK.Perdag/III.06/VIII/2023, bahwa untuk mendukung dan menjamin kepastian pengelolaan pasar tematik wisata Lumbok Seminung yang berkelanjutan, maka pada tahun 2024 akan dibentuk lembaga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pasar yang memiliki tugas dan fungsi pengelolaan pasar tematik wisata Lumbok Seminung. 

“Pada tahun 2025 akan dialokasikan dana melalui Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Barat untuk mendukung dan menjamin operasionalisasi pasar rakyat tematik wisata Lumbok Seminung,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: