Peningkatan Pendapatan Pengrajin Batik Lampung Melalui Digitalisasi Proses Bisnis

Peningkatan Pendapatan Pengrajin Batik Lampung Melalui Digitalisasi Proses Bisnis

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perkembangan dunia digital yang semakin masif telah membuka banyak peluang bagi industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan performa bisnisnya melalui pengadopsian proses digitalisasi ke dalam bisnis mereka. 

Jika dimanfaatkan secara maksimal digitalisasi proses bisnis akan memberikan berbagai keuntungan bagi pelaku UMKM. 

Diantaranya adalah peningkatan pendapatan, perluasan jangkauan pasar, dan pengefektifan pelaporan keuangan usaha melalui penggunaan platform digital. 

Namun, kurangnya pengetahuan serta kemampuan adaptasi proses digital ke dalam bisnis menjadi permasalahan yang kerap terjadi. 

BACA JUGA:Dampak El Nino, BPBD Lampung Barat Ingatkan Warga Waspada Kebakaran

Sehingga dibutuhkan kemampuan khusus agar dapat memanfaatkan digital ke dalam proses bisnisnya. 

Contohnya pada pelaku UMKM di Lampung Timur yaitu CV Barata Batik yang menjalani usaha kerajinan batik tulis di daerah Lampung Timur. 

Keterbatasan kemampuan pemilik dari CV Barata Batik untuk mengadopsi digitalisasi menghambat peningkatan kinerja usaha. 

Alasan tersebut membuat Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung berkolaborasi dengan Universitas Teknokrat Indonesia melalui program pendanaan hibah Dikti berupaya membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh CV Barata Batik dengan mengadakan kegiatan pelatihan digitalisasi proses bisnis pada aspek pemasaran, keuangan, serta desain grafis dengan judul “Peningkatan pendapatan pengrajin Batik Lampung melalui digitalisasi proses bisnis”.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Kementerian yang Buka Lowongan CPNS bagi Lulusan SMA-SMK

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak dua kali pada tanggal 3 Agustus 2023 dan 3 September 2023 Hotel Horison di Bandar Lampung dan Rumah Konservasi Universitas Lampung di Lampung Timur. 

Kegiatan dibagi menjadi dua pelatihan, pertama dimulai pada tanggal 3 Agustus 2023 memberikan pelatihan keuangan digital dan desain grafis yang diikuti oleh pemilik dari CV Barata Batik dan timnya. 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan sesi pemaparan materi dan diskusi oleh tim dosen pengabdian kepada masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: