Konstruksi Dirubah, Dinas PUPR Buat Tanjakan Lumbok Seminung Lebih Landai

Konstruksi Dirubah, Dinas PUPR Buat Tanjakan Lumbok Seminung Lebih Landai

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lampung Barat mengubah salah satu konstruksi jalan tanjakan di Kecamatan Lumbok Seminung menjadi lebih landai. 

Hal itu dilakukan menyusul banyaknya kendaraan yang kesulitan menanjak di jalan yang biasa disebut tanjakan panjang tersebut.

BACA JUGA:4 Warga Terserang DBD, Puskesmas Batu Kebayan Gerak Cepat Lakukan Pencegahan-Penanggulangan

Kepala Dinas PUPR Lampung Barat Ir Ansari melalui Kabid Bina Marga Robert Putra mengatakan, dalam kegiatan peningkatan ruas jalan Pagar Dewa-Lumbok Seminung itu selain melakukan perbaikan total pada badan jalan.

Bahu jalan serta pembuatan drainase pihaknya turut melakukan perubahan konstruksi badan jalan khususnya di jalur tanjakan panjang.

BACA JUGA:Buktikan Sendiri! Cukup Nonton Video Langsung Dapat Saldo DANA Gratis

“Jadi ada satu titik tanjakan yang ketinggiannya kita kurangi untuk bordes kendaraan, karena selama ini banyak kendaraan terutama angkutan barang yang kehabisan tenaga saat melintas di tanjakan panjang tersebut, sehingga posisinya membahayakan keselamatan pengendara juga,” kata Robert.  

Robert mengatakan perubahan konstruksi Tanjakan panjang itu dilakukan dengan mengeruk badan jalan hingga posisinya lebih landai sehingga dapat dijadikan tempat menyela nafas kendaraan sebelum menuju perjalanan selanjutnya. 

BACA JUGA:Dua Perangkat Daerah di Lampung Barat akan Dilebur

“Seluruh perbaikan jalan ini bersumber dana alokasi khusus (DAK) yang meliputi perbaikan sedang dan berat dengan total alokasi anggaran sebesar Rp 19,072 Miliar. Peningkatan kualitas jalan ini tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan,” tandasnya.

Sementara itu Noven Irawan salah seorang pengendara angkutan barang mengaku tanjakan panjang Lumbok Seminung itu selama ini memang dikenal di kalangan pengemudi sebagai lintasan yang sangat menantang karena medan tanjakan cukup panjang dan curam.

BACA JUGA:Miris, Banyak Anak di Bawah Umur Putuskan Menikah

“Apa yang dilakukan oleh dinas PUPR sangat tepat, karena selama ini kami sopir-sopir angkutan barang sering was-was kalo melintas di tanjakan itu, karena panjangnya tanjakan sering membuat kendaraan kehabisan tenaga, apalagi saat mobil sedang bermuatan penuh,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: