4 Warga Terserang DBD, Puskesmas Batu Kebayan Gerak Cepat Lakukan Pencegahan-Penanggulangan

4 Warga Terserang DBD, Puskesmas Batu Kebayan Gerak Cepat Lakukan Pencegahan-Penanggulangan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Khususnya di Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat dihimbau agar dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Selama agustus 2023 ini, UPT Puskesmas Batu Kebayan telah menangani empat orang warga Pekon Luas yang terserang DBD. 

BACA JUGA:Buktikan Sendiri! Cukup Nonton Video Langsung Dapat Saldo DANA Gratis

Kepala UPT Puskesmas Batu Kebayan Sarwo Edi Wahono, S.K.M, mengatakan, ke empat pasien tersebut sebelumnya telah mendapat penanganan di puskesmas setempat, dari empat pasien itu, tiga diantaranya telah dinyatakan sehat dan satu pasien sedang dalam pemulihan.

“Terkait adanya warga yang terserang DBD, sebelumnya petugas kami sudah turun melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) untuk mengantisipasi ada potensi penularan dan penyebaran. Namun dari PE itu kami tidak menemukan jentik dari nyamuk Aedes Aegypti tersebut,” kata Sarwo. 

BACA JUGA:Dua Perangkat Daerah di Lampung Barat akan Dilebur

Kendati tidak ditemukan jentik dari nyamuk tersebut, petugas tetap melakukan pencegahan dan penanggulangan di sekitar tempat tinggal penderita dengan menaburkan serbuk Abate sekaligus mendorong agar semua dapat bergerak melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN)

“Bersamaan dengan PE, kami juga mengedukasi masyarakat supaya menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara menguras bak mandi minimal satu minggu sekali, membersihkan wadah penampungan air, memakai kelambu saat tidur serta melakukan upaya-upaya PSN,” jelasnya.

BACA JUGA:Miris, Banyak Anak di Bawah Umur Putuskan Menikah

Disamping itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menumpuk pakaian yang digantung yang berpotensi menjadi tempat hinggapnya nyamuk serta menyarankan masyarakat agar dapat menanam tanaman pengusir nyamuk seperti serai, memakai lavender serta upaya lain yang dapat mengusir nyamuk.

“Karena itu, pola hidup bersih dan sehat harus terus diterapkan oleh masyarakat. Jika menemukan gejala-gejala DBD agar segera memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena orang yang terserang DBD harus mendapatkan penanganan yang cepat,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: