Siap-Siap! Polres Pesisir Barat Akan Gelar Operasi Zebra Krakatau, Ini 7 Prioritas Pelanggarannya

Siap-Siap! Polres Pesisir Barat Akan Gelar Operasi Zebra Krakatau, Ini 7 Prioritas Pelanggarannya

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dalam upaya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tidak ada kendala, jajaran Polres Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan kegiatan latihan Pra Operasi Zebra Krakatau tahun 2023, yang dipusatkan di ruang video conference (Vidcon) Polres setempat, Jumat 1 September 2023.

Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, S.Ik., melalui Kabag Ops AKP Abdul Rasyid, S.H, M.H., mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar semua personil Polres setempat mengetahui dan memahami tugas pokok, tujuan, sasaran serta cara bertindak dalam pelaksanaan operasi zebra yang akan dimulai pada 4 September 2023 sampai dengan 17 September 2023 mendatang.

BACA JUGA:Kader PKK dan Warga Antusias Ikuti Senam Sehat Pekon Sukaraja

“Hal ini untuk mempersiapkan personil, sarana dan prasarana lainnya agar dalam pelaksanaan operasi zebra bisa berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan,” kata Abdul Rasyid.

Dijelaskannya, dalam kegiatan operasi zebra yang akan dilaksanakan itu diharapkan agar fungsi yang dikedepankan nanti yakni lalulintas, jenis operasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif, serta humanis didukung dengan penegakan hukum elektronik/teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpatik masyarakat terhadap Polri.

BACA JUGA:Lampung Masuk Nominasi Provinsi Terbaik Wilayah Sumatera

“Sasaran prioritas dalam operasi zebra tersebut terdapat tujuh prioritas pelanggaran yaitu menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi yang masih di bawah umur,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia) dan sabuk pengaman (safety belt), berkendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus dan melebihi batas kecepatan. 

BACA JUGA:Soal Pemerintah Akan Hapus Tagih Kredit UMKM, Ini Respon BRI

Dalam kegiatan operasi zebra itu dilaksanakan menyeluruh di jajaran Polda Lampung. Untuk itu Polres Pesbar mengimbau seluruh pengguna jalan baik pengguna kendaraan roda dua dan roda empat untuk tertib berlalu lintas.

“Selain itu selalu membawa surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan, sehingga bisa meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan dalam berlalu lintas,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: