Fakta Ini Terbukti Dalam Serangkaian Rihlah Ulama Modern saat ke Indonesia

Fakta Ini Terbukti Dalam Serangkaian Rihlah Ulama Modern saat ke Indonesia

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Banyak yang tidak habis pikir, mengapa rihlah atau perjalanan dakwah yang sedang dilakukan ulama asal Yaman, Habib Umar bin Hafidz dielu-elukan masyarakat Indonesia.

Fakta ini terbukti di dalam serangkaian rihlah ulama modern saat ke Jakarta, Jombang, Gresik, Surabaya, dan Palangka Raya.

Seperti pada 20-23 Agustus 2023 misalnya. Tanggal 20 Agustus Habib Umar bin Hafidz mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta (Dars Fajr), untuk menghadiri Haul Sayyidina Syeikh Abubakar bin Salim di Cidodol, Jakarta, dan Jalsah para artis di Senayan.

Tanggal 21 Agustus Masjid Istiqlal, Jakarta (Dars Fajr), lalu menghadiri acara pembukaan Bangunan Muwasholah, yang juga menghadiri Ijtima' Fashli di Al-Fakhriyah Habib Jindan bin Novel bin Jindan, dan menghadiri Ijtima' dengan Majelis Syuro Alwafa', menghadiri Tabligh Akbar Majelis Rasulullah SAW di Monas.

BACA JUGA:8 Artis Hadiri Pengajian Habib Umar bin Hafidz

Tanggal 22 Agustus di Masjid Istiqlal, Jakarta lagi (Dars Fajr), dan ada Jalsah Ulama' di Pesantren Tebuireng, Jombang, dan Tabligh Akbar di GOR Jokosamudro Gresik, Jawa Timur.

Tanggal 23 Agustus Masjid Al Akbar Surabaya (Dars Fajr), dan melaksanakan peresmian Ponpes dan Tabligh Akbar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Habib Umar bin Hafidz  sepertinya menjadikan Indonesia ini sebagai "tujuan wajib" dari rihlahnya disetiap tahun untuk datang ke Indonesia bukan hanya semata-mata rihlah, tetapi ada sejumlah agenda silaturahmi secara mendadak, menunjukkan hubungan Habib Umar dengan beberapa tokoh di Indonesia ini sangat akrab, sudah seperti saudara.

Seperti, saat Tabligh Akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta (20/8), Habib Umar ini sempat mendapat pertanyaan dari vokalis Band Wali, yakni Faank, saat ke Surabaya juga sempat bersilaturahmi ke pesantren asuhan Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar di Kedung Tarukan, Surabaya, setelah acara di Masjid Al Akbar Surabaya.

BACA JUGA:Gajah di Suoh Masuk Permukiman, Sejumlah Rumah Warga Rusak

vokalis Band Wali ini, tanpa segan menyinggung fenomena artis yang ketika menjalani ibadah umroh/haji, karena bekerja di dunia entertainment itu sangat rentan sekali dengan kemaksiatan.

Artis yang bernama asli, Farhan Zainal Muttaqin itu juga menyebut saat umrah/haji, iman seseorang yang sedang tinggi-tingginya, seperti dimiliki para malaikat, tetapi semuanya itu hanya bertahan selama beberapa pekan saja.

Ia juga mengaku merasa seperti sang malaikat dalam satu hingga dua pekan saja, tapi setelah itu, satu sampai tiga bulan, rasa mirip malaikat itu kemudian sudah hilang. Ia bertanya, bagaimana untuk menjaga iman supaya, ketika berkurang, jangan terlalu berkurang. 

Jawaban atas pertanyaan itu juga diulangi Habib Umar saat mengisi Tabligh Akbar di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik (22/8/2023), bagi Habib Umar, masih ada banyak alat musik yang tidak diharamkan dalam syariat, kemudian syair-syair yang dilantunkan ini bisa menggunakan syair yang dapat membangkitkan kebaikan, seperti berbakti dengan orang tua, atau peduli terhadap sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: