Gajah di Suoh Masuk Permukiman, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Gajah di Suoh Masuk Permukiman, Sejumlah Rumah Warga Rusak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Belasan gajah liar masuk  pemukiman warga Pekon Sidorejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, pada Kamis malam (24/8/2023).

Pembina Satgas Konflik Gajah Suoh dan BNS yang juga Anggota DPRD Lampung Barat Sugeng Hari Kinaryo Adi menerangkan, kawanan gajah liar tersebut telah merusak lima rumah milik warga.

“Sudah dua hari ini mereka masuk ke pemukiman Warga Pekon Sidorejo, Suoh. Dari laporan satgas, gajah masuk pada malam Jumat,” ungkap Sugeng.

Dijelaskan, tidak ada yang mengetahui pergerakan kawanan gajah tersebut masuk ke pemukiman.

BACA JUGA:Terbukti Bersalah, Penjual Miras di Pesisir Barat Didenda

“Awalnya kawanan gajah liar itu kemarin masih di sekitaran bendungan PLTA atau Batu Tampah.  Posisi sedang malam saat itu, masyarakat Pekon Sidorejo juga sedang melihat acara kuda kepang,” ujarnya.

Terusnya, tahu kondisi permukiman kosong, lanjut dia, kawanan gajah liar itu masuk ke Talang Sayuti, Pekon Sidorejo. 

Setelah berhasil masuk permukiman, kawanan gajah liar itu langsung merusak satu persatu rumah warga di sana.

"Kawanan gajah itu juga bergerak menuju kebun pisang warga dan mencari makan di tempat tersebut. Mereka merangsek ke arah Pringgondani, Pemangku tetangga dari Talang Balong dan makan pisang di situ,” kata dia.

BACA JUGA:149.540 Ternak Ayam Dijual ke Lampung Barat

Mengetahui kawanan gajah kembali masuk permukiman, satgas gabungan konflik gajah pun langsung melakukan upaya blokade dan penggiringan.

Namun usaha petugas di lapangan tidak mampu untuk mendorong gajah liar agar bisa kembali masuk ke hutan.

“Kemarin siang kita blokade, namun kami engga mampu. Malah dari sore hingga malam tadi mereka masih di sekitaran permukiman untuk mencari air,” tuturnya.

Berdasarkan informasi, kawanan gajah liar ini masih berada di sekitar 40-45 meter dari pemukiman warga Pekon Sidorejo. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: