Terbanyak di Provinsi Lampung, Ini Daftar 51 Pekon Berstatus Mandiri di Lampung Barat

Terbanyak di Provinsi Lampung, Ini Daftar 51 Pekon Berstatus Mandiri di Lampung Barat

Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon DPMP Lambar Desmon Irawan--

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kota Bandar Lampung

Pekon Pampangan, Pekon Waspada dan Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau, 

Selain itu, Pekon Tanjung Raya dan Pagar Dewa Kecamatan Sukau, Pekon Way Petai dan Pekon Sukapura Kecamatan Sumberjaya, Pekon Suka Marga, Pekon Sumberagung, Pekon Tugu Ratu, Pekon Banding Agung dan Pekon Ringin Jaya Kecamatan Suoh. 

Serta Pekon Puralaksana, Pekon Karang Agung, Pekon Tanjung Raya, Pekon Sukaraja dan Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong. 

“Jumlah pekon mandiri di Kabupaten Lampung Barat sebanyak 51 pekon, rinciannya tahun 2021 sebanyak 40 pekon, pada tahun 2022 ada tujuh pekon serta tahun 2023 ada 4 pekon,” ujar dia.

BACA JUGA:Blank Spot, Warga Pekon Tebaliokh Butuh Perangkat Penguat Jaringan

Kata dia, untuk mengetahui perkembangan pekon maka dilaksanakan pemutakhiran Data IDM di seluruh Pekon se-Lampung Barat. 

Pemutakhiran IDM dilakukan secara reguler setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Pekon sebagai implementasi dari Permendes Nomor 2 Tahun 2016 tentang IDM.

“Pendataan IDM dilakukan melalui tiga pendekatan indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan,” tegas Desmon.

Masih kata dia, pendataan pada Indeks Ketahanan Sosial terdiri dari beberapa indikator, diantaranya adalah indikator Pendidikan, Kesehatan, Modal Sosial, Permukiman. 

BACA JUGA:Asalkan Melengkapi Berkas Administrasi yang Kurang, Bacaleg TMS Masih Berpeluang

Indikator Indeks Ketahanan Ekonomi antara lain Keragaman Produksi Masyarakat, Akses Pusat Perdagangan dan Pasar, Akses Logistik, Akses Perbankan dan Kredit Keterbukaan Wilayah. 

Sedangkan indikator Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan antara lain Kualitas Lingkungan, Bencana Alam, Tanggap Bencana. 

“Kita berharap jumlah pekon mandiri di Kabupaten Lampung Barat setiap tahunnya terus bertambah,” pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: