Kyai Imam Syafi'i : Loyalitas Pagar Nusa Ditunjukan Kesetiaannya Kepada Para Kyai Nahdlatul Ulama

Kyai Imam Syafi'i : Loyalitas Pagar Nusa Ditunjukan Kesetiaannya Kepada Para Kyai Nahdlatul Ulama

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai salah satu Badan Otonom dari Nahdlatul Ulama, Pencak Silat “PAGAR NUSA” bertugas mengawal dan menjaga para Kyai, tugas pokoknya menjaga para Kyai Nahdlatul Ulama, Loyalitas PAGAR NUSA Ditunjukan Kesetiaannya Kepada Para Kyai Nahdlatul Ulama.

Demikian ditegaskan Kyai Imam Syafi'i Ketua Pengurus Cabang (PCNU) Lampung Barat pada acara Tasyakuran dan Pengesahan Warga Baru Pagar Nusa bertempat di Pondok Pesantren Baroqatul Qodiri di Pekon Muara Jaya II, Kecamatan Kebun Tebu Sabtu Malam 12 Agustus 2023.

BACA JUGA:Kompak, Masyarakat Heru Bersih-bersih Lingkungan Jelang HUT RI

Dijelaskannya, tugas lainnya dari Pagar Nusa adalah menggali, mengembangkan, dan melestarikan pencak silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa sebagai warisan Wali Songo, semoga Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang telah terbentuk akan menjadi sumber kekuatan baru NU di Lampung Barat.

"Ini potensi-potensi nya ada jadi terus kembangkan dan aktifkan Pencak Silat (PS) Pagar Nusa ini dengan terus juga mengingatkan agar berperilaku dengan akhlak yang baik, wajib hukumnya anak-anak NU menunjukkan kepribadiannya dengan santun," tambah Kyai Imam Syafi'i yang didampingi Wakil Ketua Ust Agus Rohman, MPd.I.

BACA JUGA:Sabar, Pendaftaran PPPK Lampung Barat Tunggu Juknis dari Panselnas

Ketua PCNU Lampung Barat ini juga mengingatkan bahwa segenap Anggota Pagar Nusa sebagai banom di NU memiliki beberapa keistimewaan diantaranya yaitu tidak dibatasi oleh usianya, jadi mulai anak-anak hingga usia tua bisa ikut di Pagar Nusa.

"Anggota Pagar Nusa juga bisa merangkap masuk ke banom lainnya, misal masuk ke Ansor, Banser, yang wanita bisa ke Fatayat bahkan masuk menjadi pengurus di semua tingkatan NU," pungkas Kyai Imam Syafi'i. 

BACA JUGA:Pemkab Lampung Barat Siapkan Pedandanan Adat Saibatin di Lamban Pancasila

Sementara itu Pembina Pencak Silat Pagar Nusa PAC Kebun Tebu Ust Subarkat Ibrahim yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Kebun Tebu mewakili Ketua PAC Pagar Nusa Kecamatan setempat kepada media ini menyampaikan bahwa Anggota baru yang telah disahkan sebanyak Sembilan Puluh Empat Anggota.

"94 Anggota baru tersebut berasal dari PAC Kebun Tebu, Gedung Surian, Air Hitam, Sumber Jaya, Pagar Dewa, Sekincau dan Way Tenong, dalam sambutannya Ketua Pagar Nusa Lampung Barat mengingatkan kepada anggota-anggota baru ini untuk konsisten melaksanakan kebijakan NU pada pengembangan seni, budaya, tradisi, olahraga pencak silat, pengobatan alternatif, dan pengabdian masyarakat," ungkap Subarkat yang juga adalah Peratin / Kepala Desa Muara Jaya II Kecamatan setempat.

BACA JUGA:Semarak HUT RI ke-78, PGRI Sumber Jaya Gelar Senam Kreasi di GSG Bung Karno

Lanjut dia hingga saat ini anggota PS  baik yang aktif dan tidak aktif di Lampung Barat terdata ada sekitar 533 anggota.

Subarkat juga menyampaikan pada acara Pengesahan bahwa Pagar Nusa adalah sebagai garda terdepan membentengi Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dan NKRI dari ancaman paham lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: