Berikut Tips Ganti Oli Rem Pada Motor Maupun Mobil, Dijamin Awet Seterusnya

Berikut Tips Ganti Oli Rem Pada  Motor Maupun Mobil, Dijamin Awet Seterusnya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rem merupakan komponen pada motor atau mobil yang sangat penting untuk diperhatikan

Dimana Rem berfungsi sebagai pengatur lajunya kendaraan dengan cara membuat roda berhenti berputar

Roda kendaraan akan berhenti pada saat tuas atau pedal rem ditekan untuk menghentikannya.

Namun perlu diketahui bahwa perawatan berkala harus diperhatikan agar komponen pada rem bisa diketahui masih layak atau tidaknya.

BACA JUGA:Cerita Menarik Tentang Berdirinya Provinsi Lampung, Teori serta Legenda Asal Usul Lampung 'Sai Bumi Ruwa Jurai

Salah satunya dengan cara mengecek tekanan angin pada rem ataupun takaran oli rem

Dengan perawatan berkala serta didukung dengan komponen yang berkualitas maka pengereman akan maksimal dan lebih optimal.

Terlebih pada kendaraan roda empat atau mobil fungsi rem sangat vital, dimana harus mendapatkan perhatian khusus.

Untuk kendaraan motor jenis rem terbagi menjadi dua yaitu rem depan yang banyak digunakan dengan rem cakram,dan  rem untuk roda belakang menggunakan rem tromol.

BACA JUGA:Sholat Tahajud Dapat Mengurangi Stres dan Kecemasan Bagi yang Melaksanakan, Begini Tata Caranya

Namun untuk pengereman pada mobil untuk sekarang sudah banyak mengunakan pengereman cakram,baik roda belakang maupun roda depan

Jadi seberapa penting dan berapa lama perawatan rem pada kendaraan motor ataupun mobil .

Pas sekali anda membaca dan mengklik laman dan berita ini, berikut ulasan mengenai kapan dan bagaimana perawatan rem pada mobil dan motor :

Sedikit kita ulas bagiamana cara kinerja daripada rem itu sendiri.Rem cakram bekerja dengan cara sistem pada dua kampas yang terpasang untuk menjepit cakram.

BACA JUGA:Melindungi Kulit Anda dengan Sempurna: Pentingnya Sunscreen dan Manfaatnya dalam Skincare

Pada saat tuas atau pedal pada mobil ditekan maka pelumas akan mengalir melalui selang hidroliknya untuk mendorong piston pada kaliper agar menjepit cakram melalui kampas rem.

Sehingga pada saat itu roda akan bergerak dengan melambat karena ada tekanan cakram yang didorong dari kaliper melalui dua kampas rem.

Sedang pada rem tromol, bekerja menggunakan sepasang sepatu rem (brake shoe) untuk dapat menekan bagian dalam dari tromol rem (brake drum), kalau ditekan, menghasilkan gaya gesek yang dapat membantu untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan

Mengingat sangat pentingnya pengereman pada kendaraan yang menunjang keselamatan berkendara, berikut ini adalah tips bagi konsumen mengenai perawatan komponen Rem :

BACA JUGA:Zodiak Ini Paling Setia dengan Pasangannya: Bukan Hanya Ramalan Kosong!

1. Cek Kampas Secara Rutin

Kampas berfungsi untuk menekan pada saat tuas atau pedal rem ditekan , sehingga memperlambat laju kendaraan melalui roda yang sedikit berjalan dengan melambat

Jadi bersihkan kampas Dati pasir ataupun tanah yang sekiranya mengganggu saat pengereman.

Caranya dengan menggunakan brake clear atau air dengan dibilas atau di semprot pakai brake clear.

BACA JUGA:Siapa Sangka Toyota yang Dibuat di Karawang Jawa Barat Menjadi Sasaran Orang Timur Tengah

Sementara jika pada saat pengereman terjadi bunyi decit atau pada saat tuas rem ditekan atau ditarik terlalu dalam maka itu menandakan pergantian kampas rem minta diganti karena mungkin itu kampas sudah mulai menipis

2. Pengecekan Dan Pergantian Minyak Rem

Minyak Rem Sangai penting pada komponen rem kendaraan.Jika minyak rem dalam kondisi yang baik maka kinerja pengereman akan lebih optimal

Namun jika merujuk pada buka panduan pergantian minyak rem kurang lebih pada jarak 24.000 km atau pad usia dua tahun , namun faktor lain yaitu sesuai penggunaan

BACA JUGA:Ini 5 Zodiak yang Paling Sering Hoki! Ada Aja Sumber Keberuntungannya 

3. Penggunaan Alat Standar Pabrik

Penggunaan komponen yang sudah teruji oleh pabrikan sepeda motor turut mendukung kinerja pengereman semakin optimal sekaligus lebih awet.

Pada Kesimpulannya pergantian oli rem dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor di atas.

Selalu mengacu pada panduan produsen dan lakukan pengecekan visual secara berkala untuk memastikan bahwa oli rem kendaraan Anda dalam kondisi yang baik.

BACA JUGA:Sejumlah Daerah Terapkan Pemutihan Pajak Kendaraan, Khusus di Lampung Ini Syarat dan Ketentuannya

Tidak hanya akan menjaga sistem pengereman tetap optimal, tetapi juga akan meningkatkan keselamatan Anda dan pengendara lain di jalan (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: