Cerita Menarik Tentang Berdirinya Provinsi Lampung, Teori serta Legenda Asal Usul Lampung 'Sai Bumi Ruwa Jurai

Cerita Menarik Tentang Berdirinya Provinsi Lampung, Teori serta Legenda Asal Usul Lampung 'Sai Bumi Ruwa Jurai

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Lampung dikenal dengan semboyan 'Sai Bumi Ruwa Jurai' merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak diujung Pulau Sumatra.

Dengan keindahan alam yang dimiliki, Lampung memang dikenal memiliki banyak tempat wisata menarik sehingga mampu mengundang warga lokal maupun warga asing untuk mengunjungi wilayah ini. 

Sebelum mulai menjelajahi setiap sudut Lampung, ada hal paling mendasar dan wajib diketahui tentang wilayah pintu gerbang Pulau Sumatera ini.

Begini cerita asal usul Lampung serta penamaan Lampung itu sendiri.

BACA JUGA:Begini Hubungan Lampung dan Banten Dilihat dari Sejarah

Ada teori menjelaskan mengenai asal usul orang Lampung yang memang berkaitan erat dengan istilah Lampung itu sendiri. Meski belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa teori tentang asal usul Lampung.

Mengambil dari catatan musafir Cina yang pernah berkunjung ke Nusantara pada abad ke-7, yaitu I Tsing, selain Kin li-pi-che (Ce-li-fo-ce), Mo-ho-sin, dan disebutkan juga To-lang Po-hwang sehingga dapat ditranskripsikan ke dalam kata Tulang Bawang.

Hilman Hadikusuma, S.H., merupakan seorang dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) dalam sebuah Seminar Sejarah Lampung pada tahun 1976.

Ia mengemukakan teori sebagai berikut, kata To-lang-po-hwang dapat dieja menjadi atas kata To yang berarti orang (bahasa Toraja), sedangkan kata lang-po-hwang adalah kepanjangan dari kata Lampung.

BACA JUGA:10 Kota Terbesar di Indonesia Berikut Luas Wilayahnya

Jadi dapat diartikan secara lengkap serta rinci sebagai orang Lampung. Sehingga terjadinya hubungan erat antara kedua kata tersebut terhadap asal-usul orang Lampung itu sendiri.

Ada juga teori lain berasal dari legenda. Di dalam buku hasil karangan Dr. R. Broesma “De Lampongsche Districten” (1916), yang iya tulis bahwa Residen Lampung yang pertama J.A. Du Bois (1829-1834) pernah membaca buku yang berjudul “Sejarah Majapahit” milik orang Indonesia di Teluk Betung yang kini disimpannya sebagai azimat. 

Yang mana didalam buku itu juga sudah diterangkan bahwa Tuhan menurunkan orang pertama ke bumi iya adalah yang bernama Sang Dewa Sesembahan dan Widodari Sinuhun. 

Mereka itulah yang menurunkan Si Jawa, Ratu Majapahit, Si Pasundayang, Ratu Pajajaran dan juga Si Lampung, Ratu Dibalau. Kata Lampung berarti op het water drijven yang berarti (terapung di atas air).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: