Pupuk Kebersamaan dan Kerjasama, Kodim 0410 Gelar Lomba Kemerdekaan RI ke-78

Pupuk Kebersamaan dan Kerjasama, Kodim 0410 Gelar Lomba Kemerdekaan RI ke-78

--

BANDAR LAMPUNG, MEDIALAMPUNG.CO.IDKodim 0410/KBL kembali menggelar Gebyar Lomba dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berbagai perlombaan mulai dari perlombaan anak-anak hingga perlombaaan Dewasa digelar di Markas Kodim 0410 Kota Bandar Lampung, Jumat 11 Agustus 2023 sejumlah Prajurit, PNS, Persit dan anak-anak dari keluarga besar Kodim 0410/KBL mengikuti lomba-lomba dengan gembira.

Dandim 0410/KBL Kolonel Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel, MMDS., melalui Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Hendry Ginting S.I.P., mengatakan kegiatan ini untuk memeriahkan HUT RI ke-78 yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

"Jadi, gebyar lomba ini sengaja digelar untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78," kata Letkol Hendry di lokasi kegiatan. 

BACA JUGA:Kereen..!! Bandar Lampung Digadang akan Segera Miliki 2 Pasar SNI

Secara umum, Letkol Hendry mengatakan tradisi-tradisi dari bangsa Nusantara ini tidak lepas dari nilai. 

Hampir semua yang menjadi kebiasaan masyarakat, memiliki nilai-nilai luhur yang terselip di dalamnya.

"Karena itu tradisi-tradisi dalam lomba 17 Agustus itu juga pasti mengandung makna yang hendak diajarkan oleh sesepuh atau bahkan leluhur terdahulu kepada generasi saat ini. Makna-makna itu menjadi modal untuk dikeluarkan dalam Gebyar Lomba saat ini," terangnya. 

Ia juga menambahkan, pengemasan dalam bentuk permainan, bahkan dilombakan, menunjukkan kecerdasan para leluhur Nusantara dalam pola penanaman nilai-nilai tertentu kepada anak cucunya.

BACA JUGA:Baru Tahu, Ternyata Begini Asal Usul serta Sejarah Pringsewu Lampung, Hutan Bambu dan Kolonisasi

Sehingga generasi muda tidak merasa dipaksa mengerjakan, bahkan dilakukan dengan penuh keriangan serta kemeriahan.

"Nilai umum lainnya dalam lomba-lomba 17-an itu adalah memupuk kebersamaan dan budaya kerja sama yang menjadi fondasi utama saat bangsa kita dulu berjuang mengusir penjajah," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: