Rugi Kalau Tidak Dicoba, 10 Makanan Khas Manado yang Unik dan Nikmat Rasanya

Rugi Kalau Tidak Dicoba, 10 Makanan Khas Manado yang Unik dan Nikmat Rasanya

--

Bumbu dari masakan khas ini, berupa daun bawang, serai, daun jeruk, tomat, daun kunyit, daun pandan, cabe rawit merah serta tambahkan daun kemangi.

BACA JUGA:Bukan Hanya dari Madura, Ada Juga Sate dari Daerah Lain yang Tak Kalah Enak

Karena cara memasaknya sederhana dan nikmat rasanya maka, ikan kuah asam merupakan salah satu makanan khas daerah Manado yang cukup mudah untuk ditemukan di restoran atau warung makan Manado dimana saja.

5. Klappertaart masakan ini juga  merupakan makanan khas daerah Manado yang terpengaruh budaya Belanda pada zaman kolonialisme dulu. 

Dalam bahasa Indonesia, makanan khas ini memiliki arti kue tart kelapa. Lebih lengkapnya, makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar berupa kelapa muda, susu, telur dengan bahan tambahan berupa kismis, kenari, dan kayu manis.

6. Makanan khas Nasi kuning saroja, ini tidak seperti nasi kuning pada umumnya. Makanan khas Manado ini memiliki ciri khas tersendiri dari bahan nyabun menggunakan daging, ubi jalar, serta taburan abon ikan cakalang yang menjadikan nasi kuning ini memiliki cita rasa gurih nikmat dan lezat.

BACA JUGA:Deretan Makanan Khas Kota Solo yang Bikin Ketagihan, Wajib Dicicipi

7. Berikutnya makanan khas Mie cakalang. Masakan ini menjadi salah satu makan paling populer di Manado. 

Sajiannya berupa mie dengan kuah bening yang dilengkapi dengan bumbu bawang merah, merica, dan irisan daun bawang. Kemudian tambahkan irisan daging cakalang yang semakin melengkapi cita rasa makanan khas Manado pada hidangan satu ini.

8. Lalu masakan khas Manado yang tak kalah uniknya lagi iyalah Ayam buluh, sebutan buluh memiliki arti bambu. 

Makanan khas Manado ini terbuat dari ayam yang dimasak di dalam bambu selama kurang lebih 3 jam. Dengan cara teknik memasak seperti ini membuat rasa dan aroma memiliki khas dari bambu.

BACA JUGA:Ini Resep Rahasia Pindang Ikan Gabus Khas Lampung, Semua Pasti Suka

9. Tinutuan atau disebut Bubur Manado. Kebanyakan orang menyebut makanan khas ini, dengan sebutan tinutuan. 

Tinutuan merupakan makanan khas tradisional Manado yang bahan utamanya menggunakan bahan-bahan dari buah labu. Bubur labu lalu dilengkapi dengan bermacam sayuran seperti kangkung, kacang buncis.

Juga bayam, daun gedi, jagung, serta daun kemangi. Selain labu, terkadang tinutuan juga makanan khas manado ini, dibuat dengan bahan dasar singkong atau beras juga lho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: