Rugi Kalau Tidak Dicoba, 10 Makanan Khas Manado yang Unik dan Nikmat Rasanya

Rugi Kalau Tidak Dicoba, 10 Makanan Khas Manado yang Unik dan Nikmat Rasanya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Provinsi Sulawesi memiliki ibukota yang di Menado, kota ini memiliki berbagai macam makanan khas yang cukup banyak digemari banyak orang.

Selain dari unik juga memiliki cita rasa yang mungkin tidak ada di daerah lain.

Macam-macam makanan khas dari Manado seperti, cakalang fufu yang terbuat dari ikan cakalang asap hingga ayam woku dengan cita rasa pedas juga khasnya.

Bagi kalian yang merasa penasaran, berikut 10 macam makanan asal Manado yang khas, dari makanan berat hingga yang ringan atau cemilan

1. Makanan khas Manado. Ayam Woku Belanga inilah salah satu makanan khas yang tak kalah nikmatnya. Masakan tradisional ini digemari sebab memiliki cita rasa pedas dan gurih, unik dari paduan aroma yang terbuat dari bahan rempah-rempah di dalamnya.

BACA JUGA:Cara Memasak Rawon dengan Bumbu Hasil Racikan Sendiri

Sesuai dengan sebutannya. Makanan khas Manado memiliki bahan dasar ayam kampung, dengan bertumbukan mulai dari, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, cabe merah keriting dan cabe rawit, kemiri serta tambahan daun kemangi, daun jeruk, serta irisan bawang daun.

2. Kemudian makanan khas dari Manado iyalah sup brenebon. Sup ini berbahan dasarkan kacang merah, daging sapi, irisan buncis, dan seledri serta irisan bawang daun. 

Masakan khas yang berkuah ini terbilang cocok disajikan sebagai menu makan malam yang dicampurkan dengan nasi hangat.

3. Cakalang fufu juga termasuk makanan khas Orang Manado, masakan yang diolah dari ikan cakalang yang dimatangkan dengan cara diasap.

BACA JUGA:Berikut Resep Memasak Rendang Agar Daging Empuk dan Enak, Kamu Pasti Ketagihan

Dalam prosesnya masakan khas  ini, ikan cakalang dibersihkan lalu dibelah dua kemudian dijepit menggunakan bambu. Diberi bumbu berupa garam dan gula baru, ikan cakalang tersebut diasap selama kurang lebih 4 jam di atas batok kelapa. 

Proses pengasapan ini menjadikan cakalang fufu bisa bertahan cukup lama dan cocok dijadikan oleh-oleh. Apabila berkunjung di masakan khas Manado.

4. Makanan khas Manado berikutnya juga berbahan dasar ikan. Namanya Ikan kuah asam, biasanya dibuat dengan bahan utama yaitu ikan kakap, namun bisa juga diganti dengan ikan yang lainnya jika tidak ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: