Disporapar Lampung Barat Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

Disporapar Lampung Barat Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat menggelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay/Pondok Wisata di Aula Hotel Permata, Kecamatan Balik Bukit, Selasa-Kamis (8-10 Agustus 2023).

Dalam sambutannya, Kepala Disporapar Drs. Dahlin, M.Pd mengungkapkan, pariwisata merupakan salah satu sektor memiliki peran dan kontribusi penting dalam pembangunan perekonomian nasional maupun daerah. 

Kemajuan dan kesejahteraan ekonomi yang semakin tinggi telah menjadikan pariwisata sebagai bagian pokok dari kebutuhan yang dapat mendorong untuk meningkatkan devisa sebuah negara. 

Menurut dia, destinasi wisata yang akan menjadi pilihan calon wisatawan adalah destinasi yang mampu menjamin keselamatan, kesehatan dan kenyamanan wisatawan. 

BACA JUGA:Kamis, Lambar Terima Penugasan Puluhan Dokter Umum dan Dokter Gigi

“Dalam hal kesehatan, tentu yang akan menjadi perhatian adalah kebersihan dan higienitas baik dari sisi lingkungan destinasi, akomodasi maupun ketersediaan makanan dan minuman,” ungkap Dahlin.

Kata dia, berbagai upaya untuk mengembalikan eksistensi sektor pariwisata dinilai telah bangkit kembali. 

Salah satunya dengan diadakannya program peningkatan tujuan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment) yang telah diterapkan baik di destinasi wisata, akomodasi, restoran dan usaha jasa pariwisata lainnya. 

Perlu diketahui, memang setiap desa di Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata. 

BACA JUGA:Lampung Barat Kekurangan 22 Pengawas Sekolah

Pengembangan desa wisata juga diakui sebagai agenda pembangunan nasional yang cukup efektif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa. 

Salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan dan budaya, kepemanduan, penyedia jasa kuliner, maupun menyewakan kamar rumah tinggalnya sebagai homestay.

“Usaha jasa homestay diharapkan menjadi salah satu pendorong peningkatan lama tinggal wisatawan di suatu destinasi,” imbuhnya.

Sejak tahun 2019, lanjut Dahlin, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Disporapar secara aktif menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepariwisataan untuk para pelaku usaha wisata di destinasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: