Kamis, Lambar Terima Penugasan Puluhan Dokter Umum dan Dokter Gigi

Kamis, Lambar Terima Penugasan Puluhan Dokter Umum dan Dokter Gigi

Ilustrasi Dokter-Mix and Match Studio-PEXELS--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat, tahun 2023 ini akan menerima alokasi 16 orang peserta Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) dan 8 orang peserta Program Internship Dokter Gigi Indonesia (PIDGI), pada Kamis 10 Agustus 2023.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Wasis Supriyadi, S.T., M.Ak., jumlah ini sesuai dengan usulan yang kami sampaikan sebelumnya ke Ditjen Tenaga Kesehatan Kemenkes RI. Untuk PIDI usulan wahananya adalah RSUD Alimuddin Umar, Puskesmas Fajar Bulan dan Puskesmas Gedung Surian. 

BACA JUGA:Lampung Barat Kekurangan 22 Pengawas Sekolah

Sedangkan untuk PIDGI usulan wahananya adalah RSUD Alimuddin Umar, Puskesmas Kenali, dan Puskesmas Batu Brak.

"Untuk surat pemberitahuan pembekalan Naked PIDI dan PIDGI sudah diterima, jadwalnya direncanakan akan dilaksanakan penyerahan setelah dilakukan pembekalan pada Kamis mendatang," ungkapnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Produk, Dinkes Lampung Barat Monev IRTP

Dikatakannya, PIDI dan PIDGI Tahun 2022 akan selesai bertugas di bulan Agustus ini, sehingga penugasan kembali Nakes PIDI dan PIDGI 2023 ini diharapkan segera terlaksana.

Sejauh ini, kata dia, keberadaan dokter Internship di Lampung Barat sangat membantu pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun di RSUD Alimuddin Umar.

BACA JUGA:Keren, Produk IKM Lampung Barat Siap Masuk Pasar Modern

"Terkait dengan Dukungan Pemda dalam hal ini Dinkes terhadap dokter Internship yang melaksanakan tugasnya selama satu tahun di Lampung Barat yaitu dengan menyiapkan tempat tinggal di Rumah Dinas Tenaga Kesehatan yang ada di Puskesmas dan RSUDAU," ujarnya.

Selanjutnya, mengenai jaminan keamanan,  pada bulan April lalu telah menjalin komunikasi dengan pihak terkait, seperti Polres, organisasi profesi (IDI), unsur pimpinan kecamatan dan tokoh masyarakat yang menjadi wahana PIDI dan PIDGI.

BACA JUGA:Lampung Barat Dapat 451 Formasi PPPK, Cek Ini Rinciannya

Disinggung apakah ada upaya pemerintah daerah agar saat selesai bertugas sebagai dokter Internship apakah para dokter tersebut bisa diminta untuk bertugas dan mengabdi di Lampung Barat, menurut Wasis, PIDI dan PIDGI adalah program dari kemenkes, sehingga setelah selesai bertugas, peserta akan kembali ke Kemenkes.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: