Disporapar Lampung Barat Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

Disporapar Lampung Barat Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

--

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Produk, Dinkes Lampung Barat Monev IRTP

Pada tahun 2023, Disporapar mengambil tema pelatihan yang berfokus pada pengelolaan homestay dan pondok wisata di destinasi wisata Kabupaten Lampung Barat.

“Jika kita merujuk pada pengertian Homestay secara umum yaitu salah satu usaha akomodasi/pelayanan layanan jasa penginapan yang diselenggarakan oleh perseorangan/pribadi dengan menggunakan bangunan rumah tinggal yang dihuni oleh pemiliknya (tuan rumah) dan dimanfaatkan sebagian untuk disewakan dengan memberikan kesempatan kepada tamu atau wisatawan untuk dapat berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari pemiliknya,” bebernya.

Dengan begitu, lanjutnya, usaha homestay juga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berinteraksi secara langsung dan mempelajari budaya daerah di tempat mereka menginap.

Lebih jauh dia mengatakan, setiap rumah yang dihuni tentu harus memiliki potensi untuk dimanfaatkan menjadi usaha homestay dengan konsep yang lebih cocok untuk dikembangkan di desa atau kampung wisata.

BACA JUGA:Keren, Produk IKM Lampung Barat Siap Masuk Pasar Modern

Homestay yang baik tidak hanya ditinjau dari aspek kebersihan dan kenyamanannya saja melainkan juga perlu memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan. 

Agar wisatawan dapat tinggal lebih lama di destinasi wisata tersebut, dibutuhkan pilihan atraksi yang unik dan beragam. 

"Untuk itu, konsep homestay harus di desain dengan memadukan antara penginapan dan pengalaman yang unik,” ucapnya. 

Dahlin menambahkan, dengan berkembangnya usaha homestay di Kabupaten Lampung Barat, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal serta mengembalikan jati diri dengan mengedepankan konsep kearifan lokal khas budaya Lampung Barat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: