Panduan Praktis: Cara Efektif Membuat Surat Lamaran Kerja

Panduan Praktis: Cara Efektif Membuat Surat Lamaran Kerja

Ilustrasi-freepik.com@Drazen Zigic-

3. Struktur Surat Lamaran yang Tepat

Surat lamaran kerja yang baik sebaiknya memiliki struktur yang teratur dan jelas. Mulailah dengan salam pembuka yang sopan, seperti "Bapak/Ibu yang Terhormat". 

Kemudian, lanjutkan dengan penjelasan mengapa kita tertarik pada posisi tersebut dan perusahaan tersebut.

Jangan lupa untuk menyebutkan sumber informasi tentang lowongan kerja, misalnya website perusahaan atau portal lowongan kerja.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini, Zodiak ini Punya Peluang Dapat Keuntungan dari Usaha Sampingan

4. Menyajikan Kualifikasi dengan Tepat

Bagian ini adalah inti dari surat lamaran kerja kita. Jelaskan dengan jelas mengenai pengalaman, pendidikan, dan keterampilan yang kita miliki yang relevan dengan posisi yang dilamar. 

Gunakan kata-kata yang kuat dan spesifik untuk menggambarkan kontribusi yang bisa kita berikan kepada perusahaan jika diberikan kesempatan. 

Sebisa mungkin, hubungkan kualifikasi kita dengan persyaratan yang tercantum dalam iklan lowongan kerja.

BACA JUGA:Adira Finance Kenalkan Undian Berhadiah Nonton Langsung MotoGP Mandalika

5. Ceritakan Pengalaman yang Relevan

Tak hanya mencantumkan kualifikasi, tetapi juga sebaiknya ceritakan pengalaman konkret yang relevan dengan posisi yang kita incar. 

Berikan contoh situasi di masa lalu di mana kita berhasil menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. 

Cerita ini akan membantu meyakinkan perekrut bahwa kita bukan hanya memiliki kualifikasi teoritis, tetapi juga telah mengaplikasikan keterampilan tersebut dalam situasi nyata.

BACA JUGA:Hearing Koperasi Handayani Diwarnai Asumsi dan Tanpa Disertai Data Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: