Pemprov Lampung Dorong Pelaku UMKM Terus Berkembang Pasca Pandemi Covid-19

Pemprov Lampung Dorong Pelaku UMKM Terus Berkembang Pasca Pandemi Covid-19

Kepala Dinas Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Syamsurizal Ari--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pasca Pandemi Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung  mendorong pelaku UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang. 

Kepala Dinas Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Syamsurizal Ari mengatakan pasca Covid-19 ada perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya belanja melalui online namun saat ini kembali Offline. 

"Jadi sekarang peluang pemasaran produk UMKM akan semakin luas dan terbuka. Kita mendorong UMKM untuk memanfaatkan pemasaran yang tadinya digital dan sekarang offline. Kita juga mendorong melalui  pameran, pelatihan dan sebagainya bisa dilakukan secara fisik," ungkapnya saat dimintai keterangan, Selasa 25 Juli 2023.

"Pemerintah sendiri banyak melakukan kegiatan Expo juga beberapa mitra swasta dan kelompok seperti Dekranasda. Walau begitu para pelaku UMKM tidak meninggalkan peluang online yang sudah berjalan walaupun saat ini customer cenderung untuk berbelanja langsung," sambungnya. 

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat Maksimalkan Pengamanan Rawan Pagi

Lanjutnya, pihaknya juga mendorong bagaimana para UMKM memanfaatkan fasilitas pinjaman seperti KUR yang ada di Bank Pemerintah maupun swasta. 

"Kemudian kita juga mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksinya dengan menyesuaikan kebutuhan Pasar. seperti contoh usaha kuliner saat ini semakin banyak dan tumbuh sebagian besar UMKM di Lampung berbasis bahan pangan," terangnya. 

Ia juga menambahkan Pemprov Lampung mendorong para pelaku UMKM meningkatkan kapasitas produksi melalui pendampingan yang dilaksanakan di Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi Provinsi Lampung untuk meningkatkan keterampilan  teknis, pemasaran produk, digitalisasi pengelolaan usaha dan sebagainya. 

"Itu yang kita lakukan selama ini dengan harapan para pelaku UMKM mampu menghadapi situasi seperti sekarang ini," terangnya. 

BACA JUGA:Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Penguatan Pemberantasan Kejahatan dan Aksi Premanisme di Polres Lampura

Lanjutnya saat tercatat sebanyak 273.457 UMKM di Lampung yang mayoritas berbasis pangan. 

"Jadi total 273.457 UMKM mayoritas berbasis pangan. Ini selaras dengan potensi ekonomi ini didominasi pertanian," pungkasnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: