Cegah Perilaku Menyimpang, Polres Pesisir Barat Berikan Materi Kepada Peserta Didik Baru

Cegah Perilaku Menyimpang, Polres Pesisir Barat Berikan Materi Kepada Peserta Didik Baru

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Polres Pesisir Barat (Pesbar) memberikan materi kepada peserta didik baru mengenai pencegahan perilaku menyimpang pada pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Pesisir Tengah, Selasa 18 Juli 2023.

Kegiatan itu dipimpin Kanit Lidik III Sat Reskrim Polres Pesisir Barat, Ipda Hartian Aldi, S.H, M.H., mewakili Kapolres AKBP Alsyahendra, S.Ik, M.H., selain itu, hadir juga Kaur Mintu Sat Resnarkoba, Bripka Diki Jauhari, Banit Sat Resnarkoba, Aipda Doni Candra, serta pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ipda Hartian Aldi, mengatakan, beberapa materi yang disampaikan kepada peserta didik baru dalam mengikuti MPLS itu yakni terkait dengan pencegahan perilaku menyimpang bagi peserta didik, seperti tawuran, narkoba dan bullying

Untuk diketahui, kegiatan tawuran antar pelajar merupakan salah satu bentuk konflik atau kekerasan yang terjadi antara dua atau lebih kelompok pelajar.

BACA JUGA:Mudah dan Cepat! Begini Cara Buat KTP Secara Online Tanpa Ribet

“Baik pelajar yang berasal dari sekolah yang sama maupun di sekolah yang berbeda. Sehingga, hal itu harus benar-benar dicegah dengan lebih maksimal lagi,” katanya.

Dikatakannya, cara mencegah terhadap aksi tawuran pelajar itu, seperti memberikan sanksi tegas baik dari pihak sekolah, maupun sanksi tegas dari pihak kepolisian. 

Selain itu, pemberian nasehat untuk seorang pelajar dari keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat dan pencegahan dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi antar sekolah.

“Dengan begitu mudah-mudahan aksi tawuran bisa dicegah dengan maksimal, karena jika terjadi tentu meresahkan masyarakat, dan juga merugikan diri pelajar itu sendiri, maupun pihak sekolah,” jelasnya.

BACA JUGA:117 Pekon di Lampung Barat Belum Ajukan Usulan Pencairan DD Tahap II

Sementara itu, kata Perwira pertama yang akrab disapa Aldi itu, mengenai pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba bagi pelajar.

Salah satunya pelajar harus benar-benar dapat menghindari rasa penasarannya untuk mencoba barang haram tersebut. 

Jangan sampai itu terjadi pada pelajar di Kabupaten Pesbar ini. Terlebih, narkoba tentu sangat berdampak buruk terhadap kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

“Baik berdampak terhadap kesehatan fisik, maupun mental. Sehingga itu harus benar-benar dicegah salah satunya juga dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga, bergabung dengan organisasi tertentu, menghindari pergaulan malam, maupun tindakan positif lainnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: