Hadiri Festival Hutan, Edi Novial Ajak Lestarikan Hutan Untuk Sejahterakan Petani HKm

Hadiri Festival Hutan, Edi Novial Ajak Lestarikan Hutan Untuk Sejahterakan Petani HKm

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., bersama Camat Kebun Tebu Ernawati, S.E., menghadiri Festival Hutan Lampung yang diprakarsai Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lambar di Unit HKm Pekon Tribudisyukur, Kecamatan Kebun Tebu, Selasa 18 Juli 2023. 

Dalam acara itu Ketua DPRD Lambar selaku undangan, berkesempatan melakukan penanaman pohon sebagai tanda pembuatan festival sekaligus bazar dan memberikan sambutan.

Dimana dalam sambutan yang disampaikan Edi Novial, atas nama legislatif Lambar pihaknya menyambut baik acara tersebut sebagai wadah koordinasi sekaligus sarana pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada petugas maupun masyarakat pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm) Lambar, baik yang ada di Kecamatan Kebun Tebu khususnya HKm di Pekon Tribudi Syukur maupun pengelola HKm di Lambar.  

"Festival seperti ini tentunya memiliki manfaat yang sangat besar untuk Kabupaten Lambar mengingat 60 sampai 70 persen tanah di kabupaten ini merupakan kawasan hutan, artinya apa info baik tentang kebijakan maupun program mampu diserap langsung oleh masyarakat pengelola HKm dari instansi yang menaungi," tegasnya  

BACA JUGA:Tahun Ini, Pemkab Lampung Barat Bayar Iuran BPJS Ratusan Pegawai Non ASN

Karena kata Edi, selama ini program dari pemerintah terkait pengelolaan hutan sudah bagus, dengan tujuan 'Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera' dengan komitmen masyarakat telah diberi kenyamanan untuk mengelola hutan seperti berkebun lewat program HKm. 

Oleh sebab itu, kesempatan dan kebijakan yang diberikan pemerintah tentang HKm jangan justru di salahgunakan atau terjadinya pelanggaran. 

Seperti tidak melakukan penebangan pohon atau pengrusakan fungsi hutan yang berdampak pada timbulnya bencana alam, tanah longsor, banjir dan lain sebagainya. 

Pihaknya juga menyinggung bahwa di kawasan hutan Kabupaten Lambar banyak destinasi wisata, baik yang sudah tersentuh maupun uang belum. Salah satunya destinasi wisata Curup Cita Mulia (Cimul)  yang ada di Kecamatan Kebun Tebu.

BACA JUGA:7.001.924 Kilogram Pupuk Bersubsidi di Lampung Barat Terserap oleh Kelompok Tani

Beberapa tahun lalu pernah mendapatkan bantuan pengelolaan destinasi wisata seperti pembangunan gazebo, akses jalan dan lainnya. 

Hal itu jangan hanya terhenti melainkan terus ditingkatkan agar fungsi wisatanya betul-betul mampu membangkitkan ekonomi Kelompok HKm maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Curup Cimul.

Begitu juga dengan penambahan personil Polisi Hutan (Polhut). Dengan luasnya hutan di Kawasan Lampung Barat dengan hanya memiliki belasan petugas Polhut tentunya belum mampu memaksimalkan tugas dan peran. 

Walaupun selama ini koordinasi antar polhut dengan pengurus HKm cukup baik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: