Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Daging Kurban di Pesisir Barat Dibagikan dengan Besek Bambu

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Daging Kurban di Pesisir Barat Dibagikan dengan Besek Bambu

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Panitia kurban masjid Al-Hidayah, Pemangku Lioh Buntor, Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan pada Kamis 29 Juni 2023, panitia pemotongan hewan kurban masjid Alhidayah memiliki cara tersendiri dalam mengurangi penggunaan plastik saat pemotongan hewan kurban tersebut.

Dalam pengemasan daging kurban yang dibagikan ke penerima, panitia kurban mengganti wadah plastik menggunakan besek bambu, hal itu sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di tengah masyarakat.

Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Hidayah Haidir, tahun ini merupakan kali kedua Masjid Al-Hidayah Lioh Buntor melaksanakan penyembelihan hewan kurban, kemasan yang digunakan untuk daging kurban tetap besek bambu.

BACA JUGA:Pasokan BBM di SPBU Liwa Dipastikan Aman Selama Cuti Bersama Idul Adha

“Besek bambu yang kita siapkan sudah beserta dengan penutupnya, sehingga lebih aman. Hal itu sebagai salah satu langkah kita dalam mengurangi penggunaan plastik,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan kurban tahun ini Masjid Al-Hidayah menyembelih dua ekor sapi dan tiga ekor kambing, dari jumlah tersebut didapat 230 paket daging kurban untuk dibagikan kepada penerima.

“Dari 230 paket itu sebanyak 65 paket kita serahkan kepada pengurban sebanyak 17 orang, 50 paket untuk panitia pemotongan hewan kurban dan sebanyak 115 paket akan dibagikan ke masyarakat yang telah diberikan kupon sebelumnya,” jelasnya.

Lanjutnya, daging kurban itu telah dibagikan kepada masyarakat penerima mulai dari pengurban, masyarakat lioh buntor dengan kategori khusus, warga luar yang beraktivitas rutin di dalam lingkungan lioh buntor.

BACA JUGA:Cepat Panen, Ini 4 Jenis Ternak yang Menjanjikan Keuntungan di Pedesaan

“Warga luar Lioh Buntor dengan kategori kurang mampu berdasarkan data yang dihimpun, para ustadz yang pernah melakukan syiar islam,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya aktivitas pemotongan hewan kurban itu dapat menjadi salah satu aktivitas syiar islam masjid Al-Hidayah ke masyarakat.

“Kami harap syiar islam melalui masjid Al-Hidayah dapat semakin meningkat dan dampak baiknya dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga masjid akan semakin makmur,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: