Jajaran ASN Kankemenag Lambar Ikuti Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama

Jajaran ASN Kankemenag Lambar Ikuti Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Jajaran kepala seksi, penyelenggara dan seluruh ASN di kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Lampung Barat mengikuti Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama di Aula MAN 1 Lampung Barat, Senin 26 Juni 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Provinsi Lampung Drs. Marwansyah, Seluruh ASN Kankemenag, KUA, Unsur forum komunikasi antar umat beragama (FKUB) serta Lintas Agama Kabupaten Lampung Barat.

Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Marwansyah menerangkan bahwa sesuai dengan peraturan Presiden No.12/2023 tentang Kementerian Agama Pasal 4 bahwa Kementerian Agama memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan Negara. 

“Untuk itu, apa yang menjadi visi misi dan juga program prioritas Kementerian Agama RI harus kita laksanakan dan ditindaklanjuti dengan baik. Salah satunya ialah program penguatan moderasi beragama yang kita laksanakan hari ini,” ungkap dia.

BACA JUGA:Maling Ikan di KJA Lumbok Seminung, Tiga Pemuda Diciduk Polisi

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa masyarakat Indonesia ini merupakan masyarakat yang sangat majemuk. 

Kemajemukan itu nampak pada keragaman suku, etnis, budaya serta agama yang melekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat. 

“Bagi bangsa Indonesia sendiri, kerukunan umat beragama menjadi instrumen yang teramat penting dan krusial. Apalagi dalam upaya membangun bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan berdaya saing,” katanya. 

Menurutnya, dalam rangka menjalankan tugas utamanya merawat kerukunan umat beragama, Kemenag senantiasa mencari formula terbaik dalam upaya mengelola keberagaman masyarakat tersebut melalui 'Moderasi Beragama'.

 BACA JUGA:Satgas 10 Pekon Kecamatan Air Hitam Ikut Simulasi Pemadaman Kebakaran

“Konsep Moderasi Beragama bukan untuk moderasi beragama itu sendiri, melainkan moderasi cara kita memahami dan mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama di tengah masyarakat yang majemuk,” paparnya. 

Terakhir ia menambahkan bahwa Moderasi beragama merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan baik di tingkat lokal, nasional, regional maupun global.

Moderasi sendiri ialah cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berdasarkan prinsip adil, berimbang dan mentaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: