Satgas 10 Pekon Kecamatan Air Hitam Ikut Simulasi Pemadaman Kebakaran

Satgas 10 Pekon Kecamatan Air Hitam Ikut Simulasi Pemadaman Kebakaran

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Upaya menambah pemahaman dalam penanganan musibah kebakaran para satuan tugas (satgas) bencana pekon di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dibekali ilmu melalui simulasi kebakaran di halaman kantor kecamatan setempat, Senin 26 Juni 2023. 

Pada simulasi oleh bidang penanganan bencana yang dipimpin langsung Kabid Damkar Ruspel Gultom, S.H, M.M., bersama staf Edi Chandra, Edi Gultom dan petugas Unit Damkar Way Tenong, diikuti sebanyak 20 orang satgas bencana yang terhimpun dari 10 pekon.

BACA JUGA:Jalur Dua Simpang Hotel Permata Menuju KRL dan Jalan RSUDAU via Hamtebiu Ditangani

Disampaikan Danru Unit Damkar Waytenong Irawan, simulasi pemadaman kebakaran tersebut, yakni upaya penjinakan api dalam ruangan maupun luar ruangan, misalnya pemadam api yang disebabkan dari gas elpiji, penggunaan apar, pemadaman dengan alat drum dan lainnya.

Lanjut dia teknik pemadaman api perlu dipahami, sebagai langkah awal dalam menangani ketika terjadi musibah kebakaran, sebelum unit damkar tiba di lokasi. Dan adanya tempat kejadian kebakaran yang tidak mampu di jangkau unit damkar. 

BACA JUGA:Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim, Disbunnak Lampung Barat Siapkan Bantuan Ternak Kambing

Pada kesempatan itu Irawan berharap satgas yang mengikuti simulasi selain mengerti terkait upaya pemadaman api, juga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat pekon masing-masing agar semua warga mengerti tentang upaya yang tepat dalam pemadaman api. 

"Cara yang paling baik dalam menghindarkan musibah kebakaran dengan kita meningkatkan kehati-hatian dalam penggunaan api baik api masak di dapur, api rokok yang kendati diabaikan karena dianggap kecil. Sebab dalam kalimatnya api kecil jadi kawan besar jadi lawan," ajaknya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: