Festival Budaya Sekala Bekhak Ke 9 Tahun 2023 di Lampung Barat Resmi Dibuka

Festival Budaya Sekala Bekhak Ke 9 Tahun 2023 di Lampung Barat Resmi Dibuka

--

Karena bangkitnya perekonomian masyarakat dimulai dari masyarakatnya sendiri, bergerak bersama, bersinergi dan tentu saling berkolaborasi, majunya sebuah destinasi wisata pasti karena dukungan dari sektor lain.

BACA JUGA:Jaya Bakery Lampung Gelar Pemilihan Brand Ambassador 2023

“Mari jalin sinergitas dan kerjasama yang baik antar para penggiat pariwisata Lampung Barat, Seni Pertunjukan yang didalamnya seni budaya daerah dipadukan dengan UMKM dan para Penggiat Ekraf lainnya, Insya Allah akan menjadi satu Kolaborasi yang kuat yang berdampak baik kepada para pelakunya,” kata dia.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat  berjalan baik dan meriah serta tercapai tujuan dari dihelatnya festival ini.

“Semoga event Festival Budaya Sekala Bekhak dan event-event lainnya akan membangkitkan semangat kita semua dalam membangun Bumi Sekala Bekhak pasca pandemi dari berbagai bidang utamanya dari Sektor Pariwisata Budaya dan Sektor Ekonomi Kreatif serta UMKM demi mewujudkan Lampung Barat yang Lebih Hebat ,” ujar dia.

Kepada seluruh peserta, seniman dan para pelestari seni budaya, lanjut Dahlin, atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan selamat menyajikan penampilan penampilan terbaik, selamat berkompetisi, harus diingat bahwa tujuan kita adalah melestarikan dan menjadikan seni budaya kita sebagai kebanggaan.

BACA JUGA:Final WSL Krui Pro Selesai, Ada Peselancar Indonesia Raih Juara

”Jika dihelat dengan kompetisi ini semata hanya sebagai ajang hiburan, di balik itu ada tujuan mulia yaitu pelestarian untuk menjadi kebanggaan dan menjadi warisan kita kepada generasi yang akan datang, terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kecintaannya tetap mempertahankan seni budaya tradisi kita, mari terus kita jaga seni budaya, adat tradisi kita,” ucap Dahlin.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Endang Guntoro, S.H, M.M mengatakan, Kegiatan Karisma Event Nusantara Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-9 Tahun 2023 telah digelar rangkaian kegiatannya dari tanggal 15 Juni yaitu dimulai dengan Festival Kuliner “Sekala Bekhak Foodies”.

Mulai Minggu 18 Juni 2023 akan dimulai rangkaian perlombaan seni budaya yang akan berakhir pada tanggal 20 Juni 2023 dengan beberapa rangkaian kegiatan.

Yaitu Festival Nyambai yang terbagi dalam 4 kategori yaitu Kategori Wilayah Balik Bukit, Sukau hingga Lumbok Seminung dan Kategori Wilayah Batu Brak, Belalau hingga Sumberjaya serta Kategori OPD dan Forkopimda Plus dan Kategori Pelajar, yang akan digelar selama tiga hari. 

BACA JUGA:Kurangi Risiko Bencana, Padang Dalom Pasang Rambu Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul

Kemudian, Festival Orkes Gambus Tradisional Lampung Barat yang akan digelar selama 2 malam, serta Coaching Clinic, merupakan sebuah kegiatan yang diperuntukkan untuk para Penggiat UMKM dan Pelaku Ekraf di Lampung Barat, dalam rangka pembelajaran serta memberi ruang konsultasi langsung kepada Pakar dalam bidang Kopi, Kuliner dan Foto Produk guna memaksimalkan kualitas produk untuk bisa bersaing di pasar Nusantara. 

“Kegiatan ini akan diikuti oleh 30 orang pelaku UMKM dan Ekraf di Kabupaten Lampung Barat,” ujar Endang.

Selanjutnya, Ngelemang Bebakhong, dalam rangka pelestarian serta memperkenalkan tradisi ngelemang di Bumi Sekala Bekhak, diadakan ngelemang Bebakhong yang akan dilombakan antar Pekon dalam wilayah Balik Bukit dan Batu Brak serta akan menjadi penganan pada saat malam harinya pada malam Penutupan FBSB Ke-9

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: