Disbunnak Lampung Barat Kunjungi Pekon Padang Tambak, Jembatani Usulan Kelompok Tani

Disbunnak Lampung Barat Kunjungi Pekon Padang Tambak, Jembatani Usulan Kelompok Tani

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka menjembatani aspirasi masyarakat melalui Kelompok Tani (Poktan), Kelompok Wanita Tani (KWT) petugas Dinas Perkebunan dan peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan kunjungan ke pekon-pekon.

Sebagaimana terpantau Senin 12 Juni 2023 Petugas Disbunnak Lambar berkunjung ke Pekon Padang Tambak, Kecamatan Way Tenong, dengan melakukan koordinasi bersama aparatur pekon setempat di balai pekon.

Dari Disbunnak beberapa petugas dari Bidang Perkebunan yang dipimpin Chusain Prayitno, hadir juga utusan kecamatan dengan disambut langsung Peratin Sumar Suki dan seluruh aparatur pekon. 

Di konfirmasi Chusain Prayitno menyampaikan kunjungan kerja tersebut selain wadah silaturahmi, petugas juga menjaring aspirasi masyarakat (Jaring Asmara) yang ada di Kelompok Tani maupun KWT. 

BACA JUGA:Pj Bupati Nukman Mengaku dari 1.448 LPJU di Lampung Barat Berfungsi Tapi Banyak Tidak Menyala

Diantaranya legalitas kelompok, apakah telah terdaftar di pemerintah atau belum, sebagaimana dari data yang ada pada pemerintah pekon. Juga menanyakan apakah ada usulan yang diajukan untuk memperoleh bantuan dan beberapa lainnya.

"Kami berkunjung untuk mengecek apa yang menjadi kebutuhan kelompok sebagaimana diajukan dalam proposal pengajuan baik berupa fisik, sarana prasarana atau bentuk lain. Dan dari semua usulan yang dapat kami rangkum akan kami usulkan kembali dengan pemerintah pusat. Harapan masuk dalam anggaran Tahun 2024 mendatang dapat direalisasikan sebagai program yang ada di kementerian pusat," terangnya.

Sementara Peratin Umar Suki menyampaikan terima kasih atas kunjungan petugas Disbunnak Lambar yang disebutnya upaya jemput bola dalam menyerap aspirasi kebutuhan masyarakat dalam Kelompok Tani maupun KWT.

Dan diakuinya salah satu kendala yang dialami kelompok dalam perkembangan adalah keterbatasan apa yang menjadi kebutuhan serta tidak mengetahui tentang upaya apa yang harus dilakukan agar mendapatkan bantuan dari pemerintah.

BACA JUGA:Inilah Hidangan Klasik Indonesia, dan Begini Cara Pengolahannya

"Tentunya karena Kabupaten Lampung Barat adalah wilayah perkebunan dan pertanian dengan  mayoritas warga bermata pencaharian sebagai petani utamanya Perkebunan Kopi, banyak juga kelompok-kelompok yang berdiri, termasuk di pekon tersebut,"  katanya. 

Artinya dengan adanya kunjungan petugas dari Disbunnak agenda jaring asmara jelas akan menjadi tanggung jawab pemerintah pekon untuk ikut andil seperti memberikan bimbingan dan menjembatani apa yang menjadi usulan dan harapan. Seperti ikut memberikan pendampingan dalam pengajuan proposal.

Pihaknya juga berharap dalam mendukung usaha masyarakat tani. Pemerintah dapat menyalurkan bantuan semaksimal mungkin.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: