Dua Dosa Ini Tetap Mengalir Meskipun Sudah Meninggal Dunia

Dua Dosa Ini Tetap Mengalir Meskipun Sudah Meninggal Dunia

--

Dari hadis tersebut dapat kita simpulkan bahwa meski orang yang menjadi pelopor kemaksiatan tersebut tidak mengajak lingkungan di sekitarnya untuk melakukan hal yang sama.

Akan tetapi dengan perbuatan yang dikerjakan tersebut memotivasi orang lain untuk melakukan seperti yang dikerjakan.

Karena itu anak Adam pertama kali membunuh maka dia akan melimpahkan tanggung jawab atas semua kasus pembunuhan karena kezaliman di alam ini.

BACA JUGA:40 Hari Sebelum Malaikat Maut Menjemput, Ini Tanda-Tandanya

Rasulullah SAW pernah bersabda tidak ada satu jiwa yang terbunuh secara zalim melainkan anak Adam yang pertama kali membunuh akan mendapat dosa karena pertumpahan darah Hr Bukhari dan Muslim.

Jika kita mengkaji lebih dalam dari hadis tersebut maka kita bisa ambil contoh tugasnya seperti ini. 

Mungkin kita pernah melihat seorang wanita yang mengenakan celana pendek di hadapan suami.

Saat ada wanita lain melihat hal tersebut maka ia pun menirunya sehingga menjadi ramai dan tidak merasa risih lagi para wanita memakai celana pendek di hadapanku.

BACA JUGA:Sejarah Idul Adha atau Lebaran Haji

Padahal kita semua tahu celana pendek hanya boleh dilakukan atau digunakan ketika berada di dalam rumah saja mungkin benar wanita yang pertama kali memakai celana pendek tersebut tidak mengajak orang lain secara terang-terangan namun mengingat wanita tersebut menjadi pelopornya kemudian banyak yang meniru.

Maka ia pun mendapatkan kucuran dosa dari semua yang menirunya tanpa dikurangi sedikit.Sekalipun pelopor wanita yang mengenakan celana pendek tersebut sudah meninggal yang. 

Lalu yang kedua, mengajak melakukan kesesatan dan maksiat, seorang yang menyeru atau mengajak pada perbuatan dosa maka akan mendapatkan pula dosa daripada pengikutnya.

BACA JUGA:Mengenal 9 Ekor Kuda Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Hal ini telah dijelaskan oleh Allah SWT yang tertuang dalam Quran surah an-nahl ayat 25 

mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh, pada hari kiamat dan berikut dosa-dosa orang yang mereka sesatkan yang tidak mengetahui sedikitpun bahwa mereka disesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: