Dua Dosa Ini Tetap Mengalir Meskipun Sudah Meninggal Dunia

Dua Dosa Ini Tetap Mengalir Meskipun Sudah Meninggal Dunia

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Semua umat manusia sadar bahwa suatu saat nanti akan mengalami kematian.

Kisah hidup yang dijalani sekarang, hanya menunggu giliran bahwa suatu saat nanti nyawa kita pun akan dicabut oleh malaikat.

Ketika manusia meninggal maka akan terputus semua amalannya kecuali tiga perkara seperti sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan. 

Hal tersebut, sebagaimana yang pernah diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu.

BACA JUGA:Keren Bangeet! 5 Motor Klasik Eropa yang Masih Jadi Buruan

Bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, apabila manusia meninggal amalnya akan terputus kecuali tiga perkara sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoakannya Hr An- Nasa'i dan tirmidzi.

Sebagai seorang muslim yang sadar akan pentingnya bekal amal di hari kiamat tentu akan sangat berharap amal yang pernah dikerjakan selama hidup bisa mengantarkannya menuju surga yang telah Allah sediakan.

Tapi sebelum itu perlu kita ketahui amal jariyah adalah amal yang terus mengalir meski isi pengamalnya telah meninggal dunia amal tersebut bisa berupa amal kebaikan ataupun amal keburukan.

Ketika semasa hidup kita gemar melakukan sedekah jariyah maka pahala sedekah tersebut akan terus mengalir walaupun kita sudah meninggal dunia kita akan terus mendapatkan kucuran pahala selama harta atau tenaga yang kita sedekahkan masih dimanfaatkan atau membawa manfaat bagi kaum muslimin yang lain.

BACA JUGA:Merinding, 313 Ulama Siap Bai'at Imam Mahdi di Mekah Setelah Terjadi Bulan Penumbra

Begitu juga dengan amal keburukan yang pernah kita kerjakan semasa hidup di dunia, kita pun akan terus mendapatkan kucuran dosa meskipun kita sudah meninggal dunia.            

Betapa menyedihkanya nasib seorang mukmin yang telah meninggal namun terjerumus ke dalam dosa jariyah.

Satu hal yang perlu kita tahu adalah yang malaikat catat dari kehidupan kita hanya aktivitas dan amalan yang kita kerjakan namun juga dampak dan pengaruh dari aktivitas dan aman kita.

BACA JUGA:7 Jenis Uang Koin Kuno Paling Dicari Kolektor dengan Harga Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: