Kepentingan Pemilukada, Pemkab Lambar Anggarkan Dana Hibah Rp14 Miliar

Kepentingan Pemilukada, Pemkab Lambar Anggarkan Dana Hibah Rp14 Miliar

Ilustrasi Dana Hibah Pemilukada--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka persiapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, Pemkab Lambar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mulai tahun ini menganggarkan dana hibah sebesar Rp14 miliar bersumber dari APBD Lambar tahun 2023.

“Untuk dana hibah keperluan pemilukada, tahun ini dianggarkan Rp14 miliar lebih dan saat ini belum dilakukan penyerapan,” ungkap Kabid Ormas dan Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Pangku Hazaroni mendampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Burlianto Eka Putra, Senin (15/5/2023)

BACA JUGA:Geger! Oknum Polisi Tembak Anggota Karang Taruna di Gunung Kidul

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si mengatakan, pemerintah pusat telah meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan cadangan dana untuk pemilukada serentak, sehingga Pemkab Lambar mulai tahun ini telah menganggarkan dana sebesar Rp14 miliar lebih.

Kata Okmal, dana hibah sekitar Rp14 miliar itu rinciannya hibah kepada Bawaslu sebesar Rp5,592 miliar lebih dan hibah kepada Komisi Pemilihan Umum sebesar Rp9,188 miliar lebih.

BACA JUGA:Saat Imam Shalat Baca Al-Fatihah, Haruskah Makmum Membaca Juga? Ini Penjelasan UAS

“Terkait kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan bersumber dari dana hibah tersebut, untuk teknisnya ada di Bawaslu dan KPU,” tegasnya.  

Dilain pihak, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lambar Arif Sah mengungkapkan, total kebutuhan dana hibah untuk Pemilukada di Kabupaten Lambar sekitar Rp22,9 miliar.

BACA JUGA:Berikut Rekomendasi Mobil Tua Irit BBM

Hal itu sesuai dengan ketentuan Kementerian Dalam Negeri di tahun 2023 ini pemerintah daerah mengalokasikan minimal 40 persen dari total kebutuhan (Multi Year). 

“Untuk peruntukan dana hibah itu tidak harus habis di 2023 sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan tahapan, termasuk aitem-aitem kegiatan,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: