Berikut Sejumlah Jenis Bansos Disalurkan di Lambar

Berikut Sejumlah Jenis Bansos Disalurkan di Lambar

Ilustrasi Bansos--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah bantuan sosial (Bansos) baik program pemerintah pusat maupun program Pemkab Lampung Barat, telah disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di kabupaten setempat.

Sejumlah jenis Bansos tersebut, antara lain Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Beras Cadangan Pemerintah, Bantuan nutrisi anak, Lansia, Kelompok Rentan hingga penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Lampung Barat Raden Muhammad Arsyad mengungkapkan, untuk BPNT yang sudah disalurkan yakni untuk tiga bulan, penyaluran BPNT dilakukan secara tunai dimana masing-masing KPM menerima sebesar Rp600 ribu untuk tiga bulan atau Rp200 ribu perbulan.

BACA JUGA:Perkuat Silaturahmi, Pemerintah Desa Jatimulyo Adakan Halal Bihalal

"Penyaluran BPNT dilakukan melalui Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) dalam hal ini Bank Mandiri untuk KPM yang telah memiliki KKS (kartu Keluarga sejahtera), sementara untuk yang belum memiliki KKS mengambil Bansos di Kantor Pos, untuk jumlah KPM penerima Bansos BPNT sebanyak 33.000 KPM," ungkap Arsyad.

Selanjutnya, kata dia, untuk PKH total penerima sebanyak 16.000 KPM, besaran bantuan yang diterima bervariasi, berkisar Rp900 ribu hingga Rp1.000.000 per KPM, tergantung komponen.

"Jadi untuk besarannya tergantung komponen kalau ada KPM yang masih memiliki anak sekolah, ibu hamil, Lansia tentu bisa menerima di atas Rp1.000.000 untuk tiga bulan (Januari-Februari-Maret), tetapi ada juga yang menerima kurang dari itu karena mungkin komponennya sedikit, untuk total besaran anggaran untuk PKH kami tidak memiliki data, kami hanya mendapatkan jumlah KPM yang menerima, dan Bansos PKH sendiri langsung masuk ke rekening KPM," bebernya.

BACA JUGA:Peratin Febra Pimpin Pembagian BLT-DD Secara Door To Door

Selanjutnya, kata dia, 33.000 KPM BPNT dan 16.000 KPM PKH juga menerima Bantuan Beras Cadangan pemerintah untuk tiga bulan, Januari-Februari dan Maret. 

Masing-masing KPM menerima sebanyak 10 kilogram beras yang disalurkan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Bantuan beras ini untuk tiga bulan saja, dan penyalurannya dimulai sebelum lebaran lalu dan saat ini masih berlangsung di sejumlah kecamatan. Terkait penyalurannya kami hanya memonitoring dan memastikan ketersediaan stok di Bulog," imbuhnya.

BACA JUGA:143 Casis Jalani Rikmin Tahap Awal di Polres Lambar

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Pathan menambahkan, tahun anggaran 2023 ini pihaknya memprihatinkan untuk bantuan kepada masyarakat dengan rincian, bantuan nutrisi anak sebanyak 39 anak, kelompok rentan 39, lanjut usia 59 Lansia, Penyandang disabilitas 23 orang dan total sebanyak 160 orang penerima.

"Jenis bantuan Kursi roda, sembako dan tambahan nutrisi, modal usaha buket Bunga Modal usaha kerajinan tangan (handycraft), Modal usaha pembuatan keripik, Modal usaha penjual kue basah Modal Usaha Warung Manisan, Modal usaha warung sembako, Sembako dan Nutrisi Tongkat 3 kaki," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: