26 Pekon di Lambar Gaungkan Gelar Pesta Sekura Pada Lebaran Idul Fitri

26 Pekon di Lambar Gaungkan Gelar Pesta Sekura Pada Lebaran Idul Fitri

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Data Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat, Kamis (13/4/2023), sudah ada sebanyak 26 Pekon di bumi beguai jejama sai betik tersebut mengumumkan akan menggelar pesta Sekura pada lebaran hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

Gelaran pesta Sekura sendiri dijadwalkan mulai 1 Syawal 1444 H Pekon Muara Jaya Il Kecamatan Kebun Tebu, Kotaraja Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit, 2 Syawal Pekon Kenali Kecamatan Belalau, Pekon Way Mengaku, Padang Dalom Kecamatan Balik Bukit, Pekon Muara Jaya II Kecamatan Kebun Tebu dan Pekon Sukabumi Kecamatan Batu Brak.

Selanjutnya, 3 Syawal Pekon Kutabesi - Batu Brak, Pekon Way Empulau, Pemangku Pelita Jaya Bahway - Balik Bukit, Pekon Gunung Sugih, dan Pekon Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit, Pekon Hujung Kecamatan Belalau, dan Pekon Puramekar Kecamatan Gedung Surian.

BACA JUGA:Pemdes Margorejo Salurkan BLT DD Periode Januari-Maret

Lalu, pada 4 Syawal akan diselenggarakan di Pekon Bedudu Kecamatan Belalau, Pekon Balak, Pekon Kerang dan  Pekon Negeri Ratu Kecamatan Batu Brak, Pekon Sukarami dan Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit. 

5 Syawal di Pekon Kegeringan Kecamatan Batu Brak, Pekon Bakhu Kecamatan Batu Ketulis, serta  Kurungan Aji Pekon Sukarami Kecamatan Balik Bukit. 

Terakhir 6 Syawal di Pekon  Canggu Kecamatan Batu Brak  dan Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit.

BACA JUGA:Pelepasan Kepulangan Bayi Kembar Siam, Arinal Apresiasi Tim Bedah RSUDAM

Kabid Pemasaran Pariwisata pada Disporapar Lambar Endang Guntoro mengungkapkan, jumlah 26 Pekon yang akan menyelenggarakan Pesta Sekura tersebut masih memungkinkan bertambah.

Dikatakannya, pesta budaya sekura merupakan sebuah atraksi kebudayaan yang sudah berkembang sejak zaman nenek moyang  di Lambar dan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan Lampung Barat, dikenal hingga mancanegara bahkan sekura juga menjadi salah satu kebudayaan yang ditampilkan pada Karisma Event Nusantara (KEN).

Pihaknya akan menerbitkan surat himbauan kepada Camat hingga Peratin di wilayah masing-masing untuk menjaga ketertiban umum pada pelaksanaan pesta budaya sekura yang akan di gelar di Pekon masing-masing agar terciptanya kondusifitas.

BACA JUGA:Camat Sumber Jaya Lantik Dua LHP PAW Pekon Sindang Pagar

Sebab, kata dia, pelaksanaan pesta budaya sekura setahun yang lalu sempat menimbulkan keluhan dari para wisatawan pendatang dari luar daerah karena beberapa faktor, diantaranya kemacetan yang ditimbulkan hingga ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ia pun menghimbau kepada seluruh peserta pesta budaya sekura agar tetap tertib dan menjaga etika pada pelaksanaan agar tidak menghilangkan Identitas budaya dan nilai gotong royong serta kekeluargaan yang ada di dalamnya untuk menjaga nama baik kebudayaan Lampung Barat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: