Sungai Meluap, Puluhan Hektare Tanaman Padi Siap Panen di Suoh Terendam Banjir

Sungai Meluap, Puluhan Hektare Tanaman Padi Siap Panen di Suoh Terendam Banjir

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Intensitas hujan yang cukup tinggi melanda sebagian wilayah Lampung Barat pada Jumat (24/3/2023), menyebabkan sungai Way Bulok dan Way Sebatuan di Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh meluap. 

Akibatnya puluhan hektar areal persawahan, dengan kondisi tanaman padi yang siap panen terendam.

BACA JUGA:Wakapolda Lampung Dengarkan Keluhan Warga Katibung

Camat Suoh Dapet Jakson mengatakan, sebagian dari tanaman padi milik masyarakat tersebut tidak hanya terendam namun tertimbun material pasir dan batu, yang tentunya dikhawatirkan akan berdampak gagal panen.

"Hujan deras menyebabkan dua anak sungai meluap dan merendam puluhan hektare tanaman padi yang sudah mulai menguning dan tidak lama lagi akan dipanen oleh masyarakat, ada beberapa titik yang tertimbun pasir dan batu, itu bakal gagal panen," ungkap Dapet Jakson.

BACA JUGA:Dishub Lampung Ramp Check Angkutan Lebaran Mulai Awal April

Penyebab kedua sungai ini meluap dan masuk areal persawahan, kata Dapet, itu karena terjadi pendangkalan di aliran sungai sehingga mendesak untuk dilakukan normalisasi.

"Saat intensitas hujan tinggi khususnya di wilayah hulu, dua sungai ini meluap karena memang sudah terjadi pendangkalan, kami berharap bisa segera dilakukan normalisasi, sehingga banjir yang bisa merugikan masyarakat seperti yang terjadi hari ini tidak terus terjadi," ujarnya.

BACA JUGA:Sikapi Arahan Presiden, Pejabat Pemkab Pringsewu Dilarang Gelar Buka Bersama

Disisi lain, lanjut Dapet, juga terjadi longsor di jalan utama Pekon Sukamarga, longsor menutupi setengah dari badan jalan sehingga cukup mengganggu arus lalu lintas.

"Penanganan tidak bisa dilakukan secara manual karena material longsor cukup banyak, sehingga membutuhkan alat berat dalam penanganannya," pungkas Dapet.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: