Pemkab Pesbar Mulai Seleksi Calon Paskibraka

Pemkab Pesbar Mulai Seleksi Calon Paskibraka

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan kegiatan seleksi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), yang dipusatkan di GSG Selalaw, Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (13/3) kemarin.

Hadir dalam kesempatan itu, PLt. Sekkab Pesbar Ir. Jalaludin, M.P., Kadispora, Eksir Abadi, S.H., Ketua PPI Pesbar, Suryadi, S.Ip., Forkopimda dan para calon Paskibraka yang berasal dari SMA sederajat di Kabupaten Pesbar.

BACA JUGA:DKPP Pesbar Dorong Petani Kembangkan Tanaman Cengkeh

Pada kesempatan itu, Jalaludin, mengatakan pelaksanaan seleksi Paskibraka tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dimana peserta melakukan pendaftaran secara online di aplikasi Paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan sistem penilaian dilakukan secara transparanan oleh tim penilai yang akan diterbitkan melalui website Paskibraka BPIP.

“Seleksi tahun ini sedikit berbeda dari tahun lalu, dimana pada peserta seleksi tahun ini melaksanakan pendaftaran secara online melalui website Paskibraka yang diluncurkan oleh BPIP dan sistem penilaiannya pun akan ditampilkan secara transparan melalui website itu,” kata dia.

BACA JUGA:Polsek Panjang Tangkap Satu Pelaku Spesialis Bajing Loncat

Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan seleksi kali ini dijadwalkan selama dua hari, yaitu pada Senin (13/3) hingga Selasa (14/4) dengan diisi berbagai materi seleksi seperti seleksi administrasi dan kesehatan, parade, pancasila dan wawasan kebangsaan, intelegensi umum, PBB, samapta dan seleksi kepribadian.

“Setiap tahapan seleksi memiliki kualifikasi penilaian sendiri dalam menentukan peserta seleksi calon Paskibraka Kabupaten Pesbar tahun 2023 untuk dapat terpilih dan dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Pesbar tahun 2023 dan nantinya akan ambil bagian dalam pengibaran bendera saat 17 Agustus mendatang,” jelasnya.

BACA JUGA:Mendagri Minta Pemda Lakukan Konkrit Jaga Tingkat Inflasi Daerah

Sementara itu, Kadispora Pesbar Eksir Abadi menyampaikan, kegiatan seleksi Paskibraka tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit terbaik para pelajar SMA sederajat yang akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna mencari para pelajar SMA sederajat terbaik di Kabupaten Pesbar yang nantinya akan dilatih oleh pelatih dari TNI dan POLRI, dan yang terbaik akan dikukuhkan menjadi Paskibraka Kabupaten pada Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang,” ungkapnya

BACA JUGA:Bawa Sabu, Seorang Pria Diamankan Polisi Saat Main Biliard

Selain itu, dirinya meminta kepada para pelatih untuk melatih secara profesional dan melakukan penilaian dengan objektif tanpa intervensi dari pihak manapun sehingga dapat diperoleh para Paskibraka Kabupaten Pesbar yang terbaik.

“Kami berharap pelaksanaan seleksi ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga, peserta yang ditetapkan sebagai Paskibraka Kabupaten Pesbar tahun 2023 merupakan yang terbaik di antara yang terbaik,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: