Ajang Promosi Produk Kerajinan Daerah, Dekranasda Pesbar Ikuti Pameran Inacraft 2023

Ajang Promosi Produk Kerajinan Daerah, Dekranasda Pesbar Ikuti Pameran Inacraft 2023

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berbagai produk kerajinan unggulan daerah hasil karya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengikuti pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) tahun 2023, yang diselenggarakan 1-5 Maret 2023 di balai Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

Pameran Inacraft yang ke-23 itu merupakan ajang pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara. Dalam kegiatan itu, Dekranasda Kabupaten Pesbar didampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Pesbar, Siswandi, S.Kom, M.H., beserta jajaran menampilkan berbagai produk kerajinan dari para pelaku UMKM khas Negeri Para Saibatin dan Ulama itu.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pesbar, Hj.Septi Istiqlal, mengatakan, Dekranasda setempat hingga kini masih terus berupaya maksimal untuk mempromosikan produk hasil kerajinan para pelaku UMKM di Pesbar. 

BACA JUGA:5 Pekon dan 1 Kelurahan di Pringsewu Ikuti Penilaian ADWI

Seperti dalam kegiatan pameran Inacraft hingga kini masih terus diikuti. Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Inacraft tahun 2023 ini.

“Kita tentu mengapresiasi kegiatan ini, karena pameran tersebut sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan kerajinan daerah, bukan hanya tingkat nasional saja, namun juga skala Internasional,” katanya, Kamis (2/3).

Dikatakannya, Kabupaten Pesbar berpartisipasi dalam kegiatan pameran Inacraft 2023 dengan membuka stand promosi kerajinan daerah yang bertempat di Hall B JCC. 

BACA JUGA:Margodadi Jadi Proyek Percontohan Study Tiru Penanaman Jagung dari Provinsi Serambi Mekah

Karena itu, melalui partisipasi pameran Inacraft itu diharapkan dapat menjadi ajang promosi potensi kerajinan daerah, sehingga produk kerajinan Kabupaten Pesbar bisa dikenal di kancah nasional hingga mancanegara.

“Selain itu juga potensi kerajinan daerah tersebut dapat memberikan dampak yang baik untuk pemasaran produk kerajinan lokal dalam upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Septi mengatakan, pameran Inacraft memang dinantikan para pelaku usaha sebagai tempat memamerkan karya dengan produksi yang menggerakkan roda-roda ekonomi kerakyatan dari sektor kerajinan, terutama yang ada di Kabupaten Pesbar. 

BACA JUGA:Bakesbangpol Lambar Gelar Forum Silaturahmi dan Pembinaan Ormas-LSM

Karena itu, penyelenggaraan Inacraft ini, Kabupaten Pesbar menampilkan berbagai macam produk kerajinan khas daerah seperti kerajinan tapis dan turunannya, termasuk modifikasi tapis yang dipadukan dengan motif tekat, tas kuralin, serta produk kerajinan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: