Dekranasda Lambar Berpartisipasi di Event The 23rd Jakarta INACRAFT 2023

Dekranasda Lambar Berpartisipasi di Event The 23rd Jakarta INACRAFT 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ) Kabupaten Lampung Barat mengikuti Pameran bertajuk The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2023) mulai Rabu-Minggu (1-5/3/2023) bertempat di di Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno yang hadir mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

BACA JUGA:Pesisir Selatan Gelar STQ Tingkat Kecamatan

Ketua Dekranasda Lampung Barat Zelda Naturi Nukman mengatakan bahwa The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2023), sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara.

"Ya, Alhamdulillah Dekranasda Lampung Barat tahun ini bersama dengan beberapa Dekranasda dari Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung kembali bisa hadir sebagai peserta, dimana tahun ini kegiatan tersebut bertemakan From Smart Village to Global Market,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Barat Zelda Naturi Nukman saat menghadiri Pembukaan INACRAFT ke-23 tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (1/3/2023).

BACA JUGA:Bupati Pesbar Ajak Masyarakat Sukseskan Tahapan Coklit

Menurut dia, pameran INACRAFT 2023 tersebut memang dinantikan para pelaku usaha sebagai tempat memamerkan karya dengan produksi yang menggerakkan roda-roda ekonomi kerakyatan dari sektor kerajinan di seluruh tanah air termasuk kerajinan tangan dari Kabupaten Lampung Barat.

Masih kata Zelda, tahun ini pameran INACRAFT diikuti 1118 UKM peserta mengisi 1.200 booth yang terdiri dari 904 anggota Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI), 214 Non Anggota, dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan Dinas/Dekranasda dan dihadiri visitor/tamu khusus internasional. 

BACA JUGA:Pasangan Catin di Pesisir Barat Wajib Kantongi Sertifikat Elsimil

"Selain itu terdapat 133 peserta kategori eksportir dan siap ekspor yang tersebar dengan tanda khusus di booth masing-masing," bebernya.

Sementara itu Yulita Lestari salah satu Pengurus Dekranasda menambahkan bahwa produk produk Usaha Kecil Menengah dari Kabupaten Lampung Barat banyak menarik perhatian pengunjung seperti Peci Pelapah Pinang dan Peci Pelepah Pisang kemudian Tas Celugam, Sarung Bantal Celugam, Gelang Janitri, Kerajinan Bambu, Tas dan Bakul Purun, serta Batik Ecoprint. 

BACA JUGA:Hingga 2022, Aset Koperasi BBJ Pekon Trimulyo Tembus Angka Rp200 Juta

"Alhamdulillah untuk produk UKM Peci Pelepah Pinang dan Jenetri ini banyak menarik perhatian pengunjung dengan membeli produk tersebut," tutup Yulita.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: